Desain Gantungan UPI for Campus Day Sumedang 2014

Salah satu hobi saya adalah mendesain. Karena saya suka denga desain-desain yang simple dan elegan. Oleh karena itu, saya ingin mencipatakan barang-barang yang menurut saya “keren” tentu dengan mendesain barang tersebut secara pribadi. Kali ini saya mendapatkan orderan dari Paguyuban Mahasiswa Insun Medal Sumedang, sebuah organisasi daerah di Universitas Pendidikan Indonesia yang menaungi mahasiswa asal Sumedang. Saya membuat 3 desain gantungan yang akan digunakan UPI dalam acara Campus Day Sumedang 2014. Dan saya akan membahas ketiga desain tersebut.

 

Desain Gantungan UPI.

 

Ketiga desain ini dibuat dengan menggunakan CorelDRAW X4. Kali ini akan saya bahas detail desain tersebut satu persatu.

 

Desain #1

Desain ini berlatar dual-tone berwarna biru. Warna biru pertama adalah #1f98d1 dan warna biru ke-2 adalah #28acea. Pemilihan warna biru berdasarkan warna jas almamater UPI yang juga berwarna biru. Terdapat logo UPI untuk mempertegas identitas UPI itu sendiri. Lalu di bawahnya terdapat tulisan “Universitas Pendidikan Indonesia” dengan font Klavika Bold. Sedangkan tahun 1954 yang terletak di bawah tulisan tersebut adalah tahun didirikannya UPI.

 

Desain #2

Desain ini adalah paling simple dan elegan. Dengan latar putih dan tulisan “Universitas Pendidikan Indonesia” dengan font DIN 1451 Engschrift, desain ini terlihat elegan dengan 4 gradasi warna ungu yang tegak lurus dengan tulisan tersebut. Pemilihan warna pada gradasi warna tersebut tidak sulit. Hanya memilih warna yang berdekatan pada colors palette yang disediakan di CorelDRAW.

 

Desain #3

Desain terakhir adalah desain paling “penuh warna” karena memang paling memiliki unsur warna di antara yang lainnya. Font untuk tulisan UPI sendiri adalah Prism. Dengan teknik sederhana, saya memecahkan segitiga-segitiga tersebut menjadi objek sendiri dan dapat diberi warna. Seperti Desain #2, pemilihan warna pun anya menggunakan warna-warna yang disediakan di colors palette CorelDRAW. Untuk segitiga-segitiga yang menjadi bingkai tersebut adalah salinan dari tulisan UPI yang diperbesar dan di masukan ke dalam lingkaran. Tulisan “Universitas Pendidikan Indonesia” sendiri menggunakan font Klavika Regular berwarna hitam.

 

Demikian postingan pertama saya mengenai desain grafis. Untuk selanjutnya tidak menutup kemungkinan untuk saya memposting tutorial membuat sebuah logo, gantungan, pin, dsb. Semoga dapat memberikan Anda inspirasi. Terima kasih.

7 thoughts on “Desain Gantungan UPI for Campus Day Sumedang 2014

  1. Kayaknya kalau dibuatnya di aplikasi opensource lebih keren tuh, secara angkatan 2013 kan menggunakan kata opensource untuk identitas angkatannya 🙂
    Untuk mengurangi pembajakan juga 🙂

Tinggalkan Balasan

