SMA

Kelas XII IA 5 bersama Bu Lia selaku wali kelas.

Masa putih abu adalah masa yang paling dikenang. Dan kali ini aku hanya memiliki satu SMA, yaitu SMAN 3 Sumedang. Dengan status pindahan dari Kediri, aku merasa menjadi orang asing di tanah sendiri. Aku masuk kelas X9. Kelas tersebut adalah kelas yang paling banyak dihuni oleh siswa. Di sana aku dipercaya untuk menjadi ketua kelas. Sampai masuk kelas XI IPA 5 dan XII IPA 5, aku tetap dipercaya sebagai ketua kelas.

Aku juga aktif dalam beberapa lomba membawa nama sekolah ini. Salah satunya tentu saja (lagi-lagi) OSN bidang Fisika. Walau sebenarnya aku ingin sekali ikut OSN Matematika. Tapi akhirnya kesampaian mengikuti kejuaraan Matematika mewakili sekolah walau bukan OSN. Tapi dalam ajang LCTM XII se-DKI, Jabar, Banten dan Cilacap Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Di sana aku bersama Jafar dan Asep (kelas XI dan X) berhasil lolos ke hari ke dua dan menjadi satu-satunya sekolah di Sumedang yang berhasil tembus sampai sana. Dalam ajang Newton Physics Olympiad Universitas Padjadjaran 2012, aku bersama Jafar dan Tryana berhasil membawa nama SMAN 3 Sumedang masuk Top 10 bersama dengan SMAN 3 Bandung, SMA BPK Penabur dan sekolah favorit lainnya. Di bidang lain, aku dan bandku Mixed Musicians berhasil membawa nama sekolah menjadi juara 2 band pelajar se-Sumedang.

“Dalam ajang Newton Physics Olympiad Universitas Padjadjaran 2012, aku bersama Jafar dan Tryana berhasil membawa nama SMAN 3 Sumedang masuk Top 10 bersama dengan SMAN 3 Bandung, SMA BPK Penabur dan sekolah favorit lainnya.”

Juga pada masa SMA inilah aku merasakan pelatihan matematika oleh Prof. Chatief Kunjaya, Ph.D. yang juga berperan sebagai Presiden Olimpiade Astronomi Dunia yang juga kawan dari salah satu idolaku, Prof. Yohanes Surya, Ph.D..

Di organisasi, aku aktif di ekskul Paskibra. Aku menjabat sebagai Wakil Ketua Paskibra SMAN 3 Sumedang tahun 2011. Meski tak pernah ikut LKBB, dan gagal saat seleksi Capaska, manfaat dan pengalaman dari Paskibra sangat kurasakan sekarang. Dan kebersamaan dengan mereka adalah salah satu yang terbaik.

Masih ingat menjadi peraih NEM UN tertinggi ke-2 di akhir masa SMP, kini pun berulang. Aku menjadi juara umum ke-2 SMAN 3 Sumedang lulusan tahun 2013 di bawah Tryana Permanasari, yang sekarang menjadi Mahasiswi Arsitektur Lanskap Institut Pertanian Bogor.

Iklan