SD

Siapa yang mempunyai masa SD sepertiku? Memiliki 4 SD dalam kurun waktu 6 tahun. Aku pikir tidak banyak. Perjalanan SD-ku berawal dari SDN Citraresmi di Sumedang. SD ini terletak tak jauh dari rumahku. Tapi aku hanya menghabiskan waktu sebentar di SD ini sebelum akhirnya pindah ke SDN Leuwi Anyar 2, Bandung. Dan di sini pun sebenarnya tak ada yang spesial. Masa-masa SD seperti masa anak SD yang lainnya, tak menarik. Hingga akhirnya aku pindah lagi, kali ini ke Bogor tepatnya di SDN 2 Ciomas. Di SD ini aku mulai belajar dan menyukai bahasa Inggris. Dan nama hewan dalam bahasa Inggris yang paling kuingat adalah Singa=Lion. Karena di bukuku terdapat gambar singa yang dimaksud, haha. Mungkin benar bahwa gambar akan lebih mudah diingat.

Tak disangka aku pun pindah lagi. Namun kali ini ke Jawa Timur, ke kota Sidoarjo. Walau sekolahku di Sidoarjo, namun rumahku lebih tepat disebut Surabaya. Ya, keluarga kami hidup di perbatasan Sidoarjo-Surabaya. Bukan sebatas kata khiasan, tapi benar-benar perbatasan. Karena secara administrasi negara, rumah kami berada di Sidoarjo. Dan tepat di belakang rumah kami, itu sudah masuk kawasan Surabaya. Jadi aku bisa keluar kota dalam waktu 1 detik, haha.

Di sini aku bersekolah di SDN Kepuh Kiriman II. Aku pernah menangis ketika mendapatkan PR Basa Jawa yaitu materi Aksara Jawa. Janganpun aksara, bahasanya pun aku masih harus beradaptasi, mengingat banyak kawan-kawan yang menggunakan bahasa Jawa di kelas. Suara pesawat pun kerap datang saat kami belajar di kelas. Karena kawasan saya itu memang dekat dengan bandara Juanda. Dan kalau masa-masa kepulangan haji, aku dan teman-teman suka ke bandara menggunakan sepeda untuk melihat pesawat landing dari Arab.

“Aku pernah menangis ketika mendapatkan PR Basa Jawa yaitu materi Aksara Jawa.”

Di sini aku berkembang. Bersama Ayra dan Adi, aku berhasil masuk semifinal dengan posisi ke-4 dari 20 peserta yang masuk semifinal di ajang Olimpiade MIPA se-Gerbangkertosusilo (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan) di Universitas Negeri Surabaya pada tahun 2007 awal. Tapi aku gagal masuk final. Penyebabnya? Biologi! Di sana diperintahkan untuk menggambar stuktur organ pencernaan dan penjelasannya. Dan dari sejak itulah aku tidak suka dengan yang namanya Biologi.

Masa SD-ku memang unik. Masuk sebagai siswa baru di SDN Citraresmi Sumedang. Lulus sebagai lulusan dari SDN Kepuh Kiriman II Sidoarjo.