Skripsi: Perjalanan Pertama

Wah nampaknya produktivitas menulis memang menurun. Beberapa momen terlewat yang dulu sempat ‘dipaksa’ untuk ditulis dengan dalih harus terselamatkan dalam sebuah tulisan dalam blog ini. Tapi setelah pertemuan dengan Pak Lala tadi semoga memicu kembali untuk menulis. Karena menulis itu sulit, tidak seperti membaca. Sama halnya berbicara tak semudah hanya mendengar. Dan curhat pun dimulai.

Beberapa momen seperti mulai magang di Divisi Teknologi Informasi PT Pindad (Persero) pun sempat terlewat. Kini aku dan Arief sudah memiliki tanda pengenal yang berarti sudah mendapatkan akses masuk ke area tertutup perusahaan yang bergerak di industri pertahanan ini. Kami pun sudah mengantongi izin membawa laptop masuk ke dalam yang sebelumnya tidak diperbolehkan dengan alasan keamanan.

Pertemuan kuliah Seminar tadi cukup membuat semangat atau beberapa kali aku tulis di blog ini sebagai tamparan. Setidaknya jadi mempunyai semangat lagi untuk membaca jurnal-jurnal. Dan memang benar yang dikatakan Pak Lala bahwa kami harus membaca dengan keras-keras bukan hanya dengan batin. Karena membaca dengan batin terkadang membuat kita melewatkan informasi atau kecepatan mata lebih cepat dari proses membaca. Jika membaca keras-keras atau bersuara maka kita akan membaca satu per satu kata yang membuat kita tak kehilangan makna kalimat. Ini mengingatkan aku pada Pak Alvico dari Divisi Pengamanan Pindad yang menyuruhku untuk membaca peraturan mahasiswa magang dengan cara dibacakan keras-keras bukan hanya dengan batin. Karena jika hanya dengan batin, aku pasti akan membaca dengan melewatkan beberapa bagian. Dan itu memang harus diakui.

Dan untuk menemani proses skripsi hingga selesai, di blog ini akan ‘dipasang’ tag skripsi untuk menuangkan cerita selama proses pembuatan skripsi hingga lulus nanti. Aamiin. Semoga dapat menjadi suatu cerita yang dapat dikenang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s