Kinanti Banyu Kinasih

KKN memberikan bermacam pengalaman dan emosi. Lingkungan, warga, anak-anak memberikan cerita tersendiri dalam perjalanan kuliah di luar kelas ini. Ya walau cerita hari ini tidak cukup baik di akhir namun ada satu hal yang sangat istimewa.

Siang tadi (25/07) aku berkunjung ke TPA untuk mengajar. Dan pada saat itu kami memberikan materi tentang keprofesian. Lucunya adalah ketika anak-anak diperintahkan untuk menulis nama mereka beserta cita-citanya. Seorang anak bernama Dini yang dari tadi mencari perhatian pun aku datangi mejanya yang duduk bersama seseorang yang terlihat cukup pendiam dan pemalu.

Aku tepat berada di depan anak perempuan tersebut. Ketika menulis namanya ia menulis Kinanti dengan huruf kapital semua. Lalu dia menulis nama Banyu. Aku bertanya, “Loh, kok malah nulis nama Aa?”, lalu Dini mengatakan bahwa namanya memang Banyu. Dia menulis nama tersebut dengan huruf kapital di bagian depannya saja dan menulis nama belakangnya Kinasih dengan huruf kapital semua seperti nama depan.

Aku sempat bertanya-tanya kebenaran namanya. Dan setelah dikonfirmasi oleh banyak anak-anak di sana aku menjadi yakin. Lalu aku menyuruhnya untuk mengganti nama Banyu dengan kapital semua. Mungkin dia malu karena aku melihatnya ketika menulis nama itu.

Oh iya, cita-citanya menjadi seorang penulis. Dia mengaku telah sering menulis cerita yang bahkan Dini mengatakan cerita karangan dari Kiki (sapaannya) telah mencapai tebal satu buku tulis anak-anak. Wow, semoga menjadi novelis yang hebat ya.

Dan semenjak itu aku memanggilnya dengan Banyu. Kinanti Banyu Kinasih. Selamat berjumpa di kesempatan yang akan datang setelah KKN ini berakhir. Buatlah nama itu menjadi nama yang penuh prestasi. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

