Nugget Tahu KKN UPI Cimalaka 2016

IMG_7972 (FILEminimizer)

Produk KKN UPI Cimalaka 2016.

 

Hari ini (20/7) adalah salah satu kegiatan yang paling besar bagi kami di KKN UPI Desa Cimalaka Sumedang 2016. Terdapat dua agenda utama yaitu membantu penimbangan di Posyandu Kenanga 7 yang terletak di RW 7 Dusun Lemburgedong lalu dilanjutkan dengan demo membuat olahan makanan nugget dari tahu dan membuat kerajinan dari kain perca.

Beberapa anak terlihat diajak oleh ibunya untuk ditimbang. Beberapa menangis dan beberapa terlihat tersenyum dan tertawa melihat kakak-kakak peremupuan yang mungkin baru mereka jumpai. Salah satu yang paling menarik tentu saja kacang hijau yang dibagikan pada setiap anak yang pada akhirnya dapat juga merasakannya, hehe.

Acara utama kami memang spesial. Kami membawa alat dan bahan dari posko termasuk kompor dan gas. Awalnya sempat pesimis karena ibu-ibu yang hadir terlihat hendak pulang dan lebih memilih makan setelah pematerian dari bidan setempat. Namun ternyata kami salah. Antusias ibu-ibu yang ada ternyata besar. Bahkan beberapa ada yang berdiri sangat dekat dengan meja sambil bertanya sesekali.

Yang pertama didemokan adalah membuat nugget tahu. Ibu-ibu sangat terlihat senang dan beberapa ada yang terlihat serius akan membuatnya untuk dijual. Beberapa tahap didemokan hingga akhirnya berada pada proses penggorengan. Tampilannya sangat memikat. Setelah beberapa nugget matang, kami langsung membawakannya pada ibu-ibu yang pada saat itu juga sedang makan siang. Dan ternyata responnya sagat positif, banyak ibu-ibu yang meminta nugget tambahan di piringnya.

Setelah itu yang mengkhawatirkan adalah demo ke-dua membuat bros dari bahan-bahan yang kami sediakan. Namun ternyata salah pula. Ibu-ibu juga antusias dengan demo yang kami lakukan. Sebagian langsung menggenakan bros tersebut di bajunya ketika menyelesaikan bros dengan berhasil. Dan antusiasme ibu-ibu saat itu adalah bukti akan kesuksesan acara kami hari ini.

Semoga ilmu yang diberikan dapat bermanfaat bukan hanya untuk setiap dri ibu-ibu, namun juga dapar dijadikan sesuatu yang dapat mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat sekitar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s