The Great 2015

Tahun 2015 memang telah berlalu kemarin. Banyak warna-warni kehidupan di 2015. Pengalaman yang membuat sakit hati karena sebuah kegagalan atau hal yang membuat hati bahagia bukan kepalang karena suatu keberhasilan yang besar. Semua itu akan dirangkum pada The Great 2015.


Januari

Januari diawali dengan telah menonton 2 film Chelsea Islan dalam waktu yang sangat berdekatan. Di suatu kesempatan saya nge-tweet pada akun @chelseaislan dan siapa sangka aku akan mendapat balasan dari aktris muda yang berbakat itu. Ini terjadi setelah Januari tahun lalu salah satu tweet-ku di-retweet oleh Deddy Corbuzier lewat akun @corbuzier. Lalu tak lupa juga Januari menjadi sangat berkesan karena pada 26-31, aku mengikuti Pengabdian Pada Masyarakat yang diselenggarakan oleh BEM KEMAKOM di Desa Cigadog, Tasikmalaya. Seminggu di sana, aku mendapat pelajaran yang sangat berharga. Di sana kau menjadi koordinator untuk divisi dekorasi dan dokumentasi.


Februari

Tentu bulan ini perhatian langsung tertuju pad Dies Natalis Mahasiswa Ilmu Komputer (DINAMIK) ke-10. Dalam acara terbesar Keluarga Mahasiswa Komputer ini aku menjadi bagian dari Tim Kreatif yang mengonsep acara seperti malam puncak yang saat itu aku menghadirkan Sumringah, band Naufal dan Daniel. Di DINAMIK juga aku sempat tampil bersama band Compiler Error bersama Finna, Ferldy, Jaka dan Kekey yang sebelumnya kami sempat menggung di acara himpunan Kekey, di Geografi Punya Seni (GPS) dengan nama Riseth. Pada akhir bulan diadakan penutupan panitia P2M sekaligus kegiata ZWE yang diakhiri dengan syukuran. Dan di sana pertama kali aku menjadi panitia bagian konsumi.


Maret

Semua proker telah berakhir, kini saatnya anggota BEM refreshing di acara Saresehan III yang dilaksanakan tanggal 14-15 di Pangandaran. Berangkat tengah malam juga sampai tengah malam di Bandung. Di sana, dari Depadsospol hanya aku dan Kang Agung yang hadir. Namun tak mengurangi keseruan di Saresehan III, apalagi saat menyebrang dengan kapal menuju pulau pasir putih di sana. Lanjut, tanggal 21 ada sesi pengakraban atau pertemuan pertama bagi calon anggota Studio 229. Cukup ramai, galeri kami pun penuh sesak. Bahkan beberapa orang ada yang menyusuls setelah kegiatan tutorial. Dari Ilmu Komputer ada Feby, Twiska, Intan dan Ghina. Dan selang seminggu kemudian semari mumas, kami jalan-jalan ke sebuah galeri seni yang sangat indah, Nu Art. Tak jauh ternyata dari kampus kami. Namun saya terpukau ternyata konsep dan pembuatan patung Graha Wisnu Kencana yang terkenal di Bali itu semuanya berawal dari Nu Art di Bandung.


April

Minggu pertama di April dibuka dengan foto studio dan makan bareng Tim Kreatif Dinamik 10. Setelah berfoto di Jonas yang sekian lama tertunda, kami makan malam bersama di Nasgor Mafia Setiabudhi. Dua hari berselang, aku dan Reynaldi angkatan 2014 mendatangi sebuah tribute Muse di Salis Hotel, hotel samping kampus yang tentu saja dapat diakses hanya dengan berjalan kaki. Sebuah kesempatan seru bisa berkumpul dengan Muse Bandung. Dan di tengah bulan ini pula aku berulang tahun ke-20 sekaligus wisuda di mana Kang Herdi juga menjadi wisudawan di hari ulang tahunku. Sudah berkepala dua. Tanggal 18-19 selama dua hari aku menjadi pemateri di pelatihan Desain Grafis untuk anggota ISEG Unpad. Aku dipercaya oleh Irfan Yasir untuk mengisi pematerian tersebut. Ditutup dengan tanggal 25 ketika demisioner dari BEM KEMAKOM 2014-2015 lalu menonton video mapping Gedung Merdeka pada malam harinya.


Mei

 Tanggal 3 Mei merupakan salah satu hari yang bersejarah karena pada hari itu aku dilantik sebagai Wakil Presiden BEM KEMAKOM 2015-2016. Tujuh hari berselang diadakan open recruitment setelah aku dan Ali memiih keenam menteri yang mengisi enam departemen yang akan kami bangun di BEM satu periode ini. Seminggu kemudian diadakan wawancara yang sangat panjang di GIK. Di sela itu aku juga mempersiapkan pelatihan Inkscape dari Club Ink yang mengundang Ridjam sebagai pematerinya. Di sana aku berperan sebagai ketua pelaksana. Setelah kegiatan tersebut, ada pembacaan LPJ Club Ink dari masa jabatan Kang Tommy dan Kang Fahmi. Dan malamnya diputuskan bahwa Astri menjadi ketua Club Ink yang baru ditemani oleh Faisal. Esoknya, pantuhir BEM dilakukan. Dan BEM KEMAKOM 2015-2016 yang pada akhirnya memiliki nama cabinet “Catha Adarma” pun dimulai dari hari ini.


Juni

Pada tanggal 10 kami melakukan proker pertama yaitu RAM, culik-menculik mahasiswa baru ketika usai registrasi. Sangat meriah, karena semua himpunan menyambut adik barunya dengan sorakan dan bendera yang berkibar-kibar. Kami mengadakan RAM di FPMIPA B bersama himpunan dari FPMIPA lainnya. Di Juni ini sudah masuk Ramadhan. Tanggal 23 Nondep buka bersama di Waroeng Steak Karang Setra dengan kejutan kecil untuk Ali yang berulang tahun esoknya dengan sebuah sebuah roti yang ditancapkan lilin dan akhirnya dipotong untuk semua. Di akhir bulan, sebelum semuanya pulang mudik terdapat buka bersama Depadsospol dua angkatan di WS juga namun penuh, dan akhirnya dipindahkan ke sebuah tempat makan ayam tak jauh dari situ.


Juli

Setelah bersama beberapa punggawa BEM, awal Juli dibuka pula dengan buka bersama teman sekelas C1 di Pasar Cisangkuy lalu berkumpul di Gasibu sambil membicarakan masalah kelas. Tanggal 4 aku berkunjung ke rumah Tia di Purwakarta dan sempat berkelling Purwakarta mengunjungi tempat-tempat yang cukup terkenal. Tanggal 8 aku berganti dari pengguna Android menjadi pengguna Windows Phone dengan membeli Lumia 535 ketika telah mendapatkan bayaran dari proyek bersama dosen. Keesokannya hingga lusa, aku mengikuti acara Grafikom dilanjutkan dengan mabit di Al-Furqan. Pengalaman menginap di Al-Furqan. Tanggal 14 aku sudah berada di Sumedang dan buka bersama teman sekelas XII IPA 5 SMAN 3 Sumedang. Pertemuan itu sangat berkesan, karena kami sudah menjadi mahasiswa tingkat 3 dengan berbagai rupa perubahan. Namun saat kami bersama, banyolan zaman SMA masih selalu terasa. Juli memang panjang, lebaran kali ini aku mendapat kunjungan dari Pak Bambang bersaa istri dan anak-anaknya, Seffie, Seliva dan Serina. Seffie sendiri adalah anaknya yang seangkatan denganku yang kini berkuliah di Unpad. Akhir bulan pun ditutup dengan ngaliweut bersama pimpinan KEMAKOM di kostan Dheana ditambah Muti, Tia, Ghina yang juga kost di sana.


Agustus

Pada tanngal 6, nondep akhirnya foto studio di Jonas dan ditutup dengan makan malam bersama di Nasgor Mafia, persis seperti yang dilakukan bersama Tim Kreatif Dinamik 10. Dan 4 hari berselang, aku memenuhi undangan untuk mengikuti tes Beswan Djarum bersama Destanti, Ghina, Tyas dan Arif dari Ilmu Komputer UPI di Bandung Comvention Center. Dan siapa sangka aku lolos ke tahap Focus Group Disscussion bersama mahasiswa dari Universitas Katolik Parahyangan dan harus menempuh sesi wawancara di Universitas Widyatama keesokan harinya. Besar asa untuk lolos karena telah sampai di tahap wawancara. Tanggal 15 aku, Ali, Anam dan Egi survey untuk tempat saresehan 1 BEM KEMAKOM ke CIC. Di sana kami berpetualang hingga ke kebun the dan mengabil beberapa foto secara alay. MOKA-KU pun telah hadir. Tanggal 26 aku mengisi acara di MOKA-Ku Jurusan membawakan tentang sejarah KEMAKOM dan juga pentingnya berorganisasi. Masih MOKA, di hari terakhir yang mengundang Ridwan Kamil tak aku sia-siakan. Hingga akhirnya aku dapat selfie bersama Kang Emil walau cenderung memaksakan. Namun Agustus ditutup dengan kegagalanku untuk menjadi Beswan Djarum.


September

Tanggal 19, aku dan personel baru dari Lab Multimedia melakukan maintenance pertama kami sebagai tim. Kami merubah layout lab multimedia menjadi lebih memberi ruang di tengah untuk lesehan. Pada tanggal 25, aku mendapatkan berita yang sangat membahagiakan. Aku dan Teti lolos Gemastik 8! Yes, berarti Oktober aku akan berangkat ke Yogyakarta untuk final. Targetku dan Teti untuk masuk final sudah terpenuhi. Tinggal berusaha untuk memberikan yang terbaik di UGM nanti. Keesokan harinya aku menghadiri Workshop “e-Learning untuk Rakyat” yang salah satu pengisi acaranya adalah pakar IT Indonesia, Onno W Purbo. Dan aku berhasil selfie dengan Pak Onno. Pada tanggal 27, Club Ink mengadakan wawancara untuk calon anggota baru.


 

Oktober

Tanggal 3 aku menjadi pemateri desain grafis bersama Nurridayanti untuck Pelatdas KEMAKOM. Esoknya aku menjadi pemateri HTML + CSS dari lab multimedia. Tanggal 10 dan 11 diadakan KEMAKOM Leadership Training yang tak kalah berkesan. Di sana pula Rahman terpilih sebagai ketua angkatan 2015. Aksi, yang menjadi hal yang menegangkan memiliki kesan tersendiri di tahun ini. Tanggal 19 aku menghadiri kuliah umum dari Dr Andrew Fluck dari University of Tasmania sembari memperiapkan untuk keberangkatanku ke Yogyakarta hingga akhirnya tanggal 22 aku sampai pukul 02.00 WIB masih berada di GIK. Tanggal 25 malam aku, Teti, Pak Yaya, Kang Aan dan Pak Wahyudin berangkat menuju Yogyakarta dan tiba keesokan harinya. Pengalaman terbesar adalah menjadi finalis ajang paling bergengsi bagi mahasiswa TIK di Indonesia ini, sekamar dengan juara 1 pemrograman dari UI hingga akhirnya mendapatkan juara 3 di kategori multimedia. Pengalaman yang sangat luar biasa. Pada tanggal 29, aku dan Teti menyempatkan diri untu berjalan-jalan di Yogyakarta selama satu hari sebelum malam kami kembali ke Bandung menaiki kereta api.


November

Pada tanggal 7 aku dan Depadsospol 2015-2016 + Camus berangkat ke Ciamis untu survey lokasi P2M. Hujan pun turun dan sempat membuat kami berhenti sejenak di sebuah warung dalam perjalanan pulang. Tanggal 10, aku dan Teti mengajak orang-orang yang membantu dalam tim Sireum Beureum makan malam bersama di Pizza Hut. Namun saying, Ferldy tidak bisa ikut bersama Tia, David an Fambi yang sama-sama membantu proyek Gemastik kami berdua. Dan hari Jum’atnya, aku dan beberapa kawan kembali survey ke Sumedang, kota kelahiranku secara dadakan. Karena sebelumnya Sumedang tidak masuk list dari rencana awal lokasi P2M. Pada bulan ini pula diadakan PLASA 2015 di Natural Hill, Cisarua. Lalu ada pengalaman menarik kembali ketika aku, Ferldy dan Fidela menjadi pemateri bagi guru-guru SD di Padalarang dalam kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa PLS UPI. Ini adalah pengalaman yang sangat menarik. Dan tanggal 29 akhirnya aku mencoba masuk ke Museum Pendidikan Nasional yang selama ini sangat menggugah perasaan apa yang ada di dalamnya.


Desember

Bulan akhir tahun tak kalah menarik. Diawali dengan adanya workshop Imagine Cup dari Microsoft di mana aku menjadi salah satu mahasiswa yang dilibatkan dalam penyelenggaraan acara tersebut, menonton konser “Hariring ti Lembur” PSM UPI Bandung yang juga diisi oleh Rima, Finna dan Ami hingga kegiatan PKM di tanggal 5 yang menambah semangat dan wawasan, hingga tanggal 6 di mana aku menjadi pemateri untuk pelatihan kaderisasi Club Ink ke-3, yaitu adalah Animasi bersama Faisal. Minggu pertma Desember begitu sangat banyak agenda yang menarik. Tanggal 11 aku menonton The Changcuters tampil langsung di Museum Pendidikan Nasional UPI yang waktu itu beberapa hari KompasTV memang mengadakan acara di Gymnasiu UPI. Tanggal 16 adalah acara wisuda di auditorium JICA yang di mana terdapat 2 presiden dan wakil presiden yang menjadi wisudawan pada saat itu. Tanggal 19, aku, Kang Ghiffary, Fidela dan Eagan membantu dosen mempersiapkan bahan presentasi hingga malam di GIK yang akan dibawa ke Malaysia. Sementara itu waktu digunakan untuk persiapan UAS dan tugas besar hingga akhirnya Mas Ali, alumi Teknik ELektro UPI mengabariku dan meminta aku untuk menjadi pemateri dalam workshop “Rich Internet Application for Digital Learning Multimedia” di FPTK UPI. Dan itu menjadi pekerjaan terakhir yang aku rasakan di 2015.


Semua tulisan ini hanyalah rangkuman yang terurai di blog ini sepanjang 2015 yang menceritakannya lebih detail. Tahun 2015 memang menjadi tahun yang bersejarah. Tahun di mana aku menginjak usia 20. Tahun di mana akhirnya aku dapar berprestasi di ajang nasional. Tahun di mana bisa mendapatkan 7 digit dan menaikan targetku menjadi 8 digit di 2016.

Halo 2016! Dan terima kasih 2015! You’re GREAT!

Iklan

2 thoughts on “The Great 2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s