Be A Trainer for Workshop “Rich Internet Application for Digital Learning Multimedia”

WP_20151228_15_19_05_Pro.jpg

Nametag dan Modul.

Hari ini aku terbangun di kostan Faisal setelah semalaman kami membuat modul untuk hari ini, yaitu kami menjadi pemateri dalam workshop Rich Internet Application for Digital Learning Multimedia. Acara ini akan dimulai pukul 09.00 WIB dengan pematerian pertama oleh Kang Faisal, alumni angkatan 2009, mantan Wakil Presiden BEM KEMAKOM dan juga peraih medali Gemastik. Sedangkan aku dan Faisal kawanku akan mengisi pematerian pada pukul 12.30 WIB. Aku dan Faisal sudah berada di FPTK pukul 12.30 WIB lalu mencari mushola yang sebenarnya sudah kami temukan namun ragu bahwa itu mushola utama dari fakultas teknik ini. Setelah menelepon Tresna, teman sebangku SMA yang menjadi mahasiswa di FPTK, ternyata benar lahan terbuka yang saat itu diisi oleh perempuan semua itu adalah mushola FPTK. Akhirnya kami memutuskan untuk shalat di Al-Furqan.

Pelatihan ini diadakan di laboratorium elektronika dasar di lantai paling atas di FPTK. Dari sini dapat langsung melihat kemacetan jalan Setibudhi yang terkena dampak dari liburan panjang penghujung tahun ini. Maklum, dari Jakarta, Setiabudhi adalah akses wajib untuk tujuan wisata menuju Lembang. Ternyata di sana kami untuk mengenakan seragam sebuah lembaga dari Kang Ali, orang yang menghubungiku untuk mengisi pematerian ini. Lembaga ini disebut dengan Edupedia. Kami mengenakan seragam itu seolah kami juga merupakan dari Edupedia. Keberatan? Tidak, sih. Namanya juga kerja mencari pengalaman dan uang, haha.

WP_20151228_15_09_26_Pro

Suasana saat pelatihan. Di depan tidak ada orang, berarti saya dan Faisal sedang berkeliling.

Ada beberapa kendala teknis saat pelatihan. Pertama adalah tools yang digunakan adalah Flash 8 saat masih dimiliki oleh Macromedia. Sedangkan yang aku dan Faisal persiapkan adalah Flash CS yang sudah dinaungi oleh Adobe. Dengan beberapa saat penyesuaian, kami dapat memulai. Namun ternyata ada masalah lagi, semua peserta di sini belum meng-install apa yang seharusnya sudah dipersiapkan. Kaget? Tidak juga. Ini adalah hal sudah biasa saat kami menjadi pemateri dalam suatu pelatihan. Bahkan semalam kami sudah memprediksi ini akan terjadi.

Ternyata mengajar orang tua multimedia walau mereka adalah seorang dosen sama susahnya dengan saat aku mengajarkan Microsoft Office bagi guru-guru SD. Dengan tidak memandang pekerjaan, hal ini memang disebabkan generasi yang tidak dekat dengan teknologi terutama multimedia. Dan hasilnya pun tidak sesuai dengan apa yang sudah direncanakan. Bahkan aku sempat duduk bersama dua dosen yang terlihat paling senior di sana.

Rich Intenet Application adalah satu bentuk plug-in ada add-on pada web site yang dapat menampilkan media layaknya desktop application. Di antaranya adalah JavaFX dan Adobe Flash.

Namun perlu diakui ini adalah pengalaman yang sangat luar biasa. Apalagi setelahnya kami mendapat tepuk tangan dari semua dosen Pendidikan Teknik Elektro tersebut. Di akhir acara, kami berfoto bersama semua peserta sebagai kenang-kenangan.

Loh, ini job kan? Dapet fee dong?

Yap. Tentu saja. Dan aku pun menggunakan sebagian uang itu untuk membeli sesuatu pada malam harinya. Apa itu? This great novel! Tinggal tersisa satu di Gramedia Bandung. Yeah!

WP_20151228_19_45_52_Pro (2)

SHERLOCK!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s