Let Me Talk About Outsourcing

WP_20151219_16_19_21_Pro (2)

Pengerjaan media presentasi di Lab AI.

Tadi pagi aku terkejut dengan komentar orang yang dikenal di akun Instagramku yang memberi komentar di salah satu foto yang menceritakan aku yang membantu dosen dalam mempersiapkan media presentasinya untuk di Malaysia. Isinya cukup cetus, dengan sudut pandang yang sempit dia menyalahkan dosen yang dianggap malas dan menyalahkanku akan caption yang aku tulis di sana. Memang sebuah kata dapat memiliki seribu makna, namun hanya orang-orang yang sebelumnya tak mengenalku yang mungkin berpikiran seperti orang tersebut.

And now I want to talk about outsourcing. Dalam melakukan beberapa pekerjaan kita boleh melakukan outsourcing, atau bantuan pada orang yang bukan dalam lingkup tim kita asalkan tidak memakan takaran kita atau hanya sebagai media pembantu saja. Aku pun di Gemastik menggunakan jasa Ferldy untuk membuat musik latar tanpa harus menjadikan Ferdly sebagai anggota tim. Itu pun belum termasuk orang-orang lain yang membantu dalam pengisian suara karakter dan narasi.

Begitu juga dengan kasus dosen kali ini. Bahkan aku sudah sering mendapatkan proyek dari penelitian dosen. Dan itu justru sangat bagus untuk seorang mahasiswa dalam hal pengalaman melakukan pekerjaannya, atau sekedar berkoordinasi dengan klien atau orang professional. Dan aku pun dibayar secara professional untuk jasa yang telah aku berikan untuk membantu dosen. Bayaran 7 digit sudah tidak aneh untuk aku terima dalam membantu penelitian dosen. Terakhir sebelumnya, aku menjadi tim programmer untuk sebuah simulator mengajar dari penelitian beberapa dosen di FPMIPA UPI. Aku tidak serta merta sendirian, dalam perhitungan algoritmanya pun dosen-dosen sangat berperan besar.

wp_ss_20151220_0001

Ha!

Dan kemarin, aku bersama Fidela, Kang Ghiffari, dan Eagan membantu untuk membuat media presentasi dosen yang hari ini berangkat ke Malaysia untuk kerja sama dengan salah satu kampus di sana. Terlepas dari itu, orang-orang di atas adalah asisten laboratorium multimedia yang memang pasti akan dilibatkan dalam hal-hal yang mendukung departemen dalam hal multimedia. Dan kemarin pun kami bersama-sama mengerjakan di lab bersama dosen yang bersangkutan, sangat cukup untuk membungkam omongan yang mengatakan dosen yang malas dan sok tahu.

Kenali dulu orangnya sebelum mengomentarinya. Dan orang yang sudah kenal aku pun pasti sudah tahu maksudku karena mereka sudah tahu bahwa aku sering memiliki pekerjaan bersama dosen. Ha!

Tinggalkan Balasan

