Berkunjung ke Museum Pendidikan Nasional UPI

WP_20151129_11_04_43_Pro

Di salah satu sudut Museum Pendidikan Nasional UPI.

Kemarin, aku dan Tia menyempatkan untuk berkunjung ke Museum Pendidikan Nasional UPI yang baru resmi dibuka untuk umum tanggal 25 November 2015 kemari bertepatan dengan Hari Guru Nasional. Museum yang memang sudah lama dibangun dan akhirnya dibuka untuk umum ini buka Selasa-Minggu dengan hari libur mengikuti liburan nasional. Untuk sekarang, harga tiket masuknya sebesar Rp 5.000,- dan mungkin akan naik setelah tahun baru.

Di dalamnya terdapat berbagai sesi seperti pendidikan zaman penjajahan, zaman colonial, zaman kemerdekaan, dll. Namun selain pendidikan di sana juga terdapat beberapa monitor yang menayangkan video arsip nasional tentang kemerdekaan atau kehidupan saat perjuangan kemerdekaan. Beberapa monitor juga menyajikan games interaktif salah satunya angklung virtual di bagian sesi prestasi UPI.

Museum ini dibuat agar pengunjung berjalan mengitar sambil naik beberapa anak tangga. Ini yang aku kagumi dari arsitektur museum ini. Saat mengitari sambil menikmati isi dari museum, di setiap seperempat lingkaran pengunjung menaiki beberapa tangga yang cukup pendek. Jadi dari lantai 1 ke lantai 2 bagaikan dibagi menjadi 4 kali naik tangga yang membuat kesan tidak lelah untuk dilalui.

WP_20151129_12_01_23_Panorama

Pemandangan dari CafΓ© lantai paling atas Museum Pendidikan Nasional UPI.

Interiornya pun cukup futuristik. Ditambah dengan bioskop mini di lantai paling dasar membuat museum ini memiliki citra modern, bukan museum yang terlihat kuno. Museum ini cocok untuk wisata edukasi masyarakat khususnya para pelajar. Dan di lantai paling atas pun akan tersedia cafΓ© yang membuat museum ini cocok sebagai salah satu tempat wisata edukasi di Bandung bahkan di level nasional.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s