Survey P2M ke Sumedang

Tia di Awilega, Tanjungkerta, Sumedang.

Tia di Awilega, Tanjungkerta, Sumedang.

Jumat, 13 November 2015. Akhirnya merasakan juga survey P2M ke kota kelahiran, Sumedang. Ingin dari tahun lalu, baru tercapai tahun ini. Itu pun setelah berbagai pertimbangan untuk mengadakan kembali survey setelah sebelumnya survey ke Ciamis dan Garut. Survey kali ini hanya aku, Tia, Ryan, Yusuf dan Arif karena hari Jumat dan kami meninggalkan praktikum untuk sesuatu yang sangat mendesak ini.

Perjalanan ke Sumedang sangat macet saat di Bandung. Namun, perjalanan yang ditempuh cukup singkat, hanya 3 jam. Sangat singkat jika dibandingkan saat pergi ke Ciamis. Tujuan kami adalah Desa Awilega di Tanjungkerta, Sumedang. Itu juga adalah kali pertama aku ke Tanjungkerta. Sesampai lokasi, kami lalu melihat SD yang akan kami kunjungi jika mengadakan P2M di tempat ini. Jalan menuju SD lumayan jauh dan menanjak dari kantor kepala desa. Tapi ini bisa menjadi tantangan untuk para panitia nantinya.

Setelah menuju kantor kepala desa, kami pun mencari tempat tinggal panitia. Akhirnya tempat tinggal perempuan mungkin akan berada di rumah seorang nenek yang juga sekaligus ibu dari kepala desa yang menjabat saat ini. Nenek tersebut bercerita tentang rumahnya yang sering digunakan oleh mahasiswa KKN dari UPI dan Unpad. Dengan ramahnya, nenek tersebut juga memberikan kami suguhan cemilan khas orang sunda.

Jalan menuju SD.

Jalan menuju SD.

Pembicaraan kami pun terpotong oleh shalat Jumat. Kami shalat di masjid yang sedang direnovasi. Jumlah Jemaah nya pun tidak terlalu banyak. Mungkin sebagian warga lelakinya sedang bekerja di luar desa. Akhirnya kami kembali ke rumah nenek dan pulang setelah menyepakati harga sewa jika kami benar-benar menggunakannya nanti.

Sepulang dari survey, aku berencana untuk mengajak semuanya berkunjung terlebih dahulu ke rumahku. Mamah pun sudah menyiapkan makanan. Tapi Yusuf dan Arif hendak ke Situraja, rumah Yusuf. Dan Ryan pun ternyata yang tadinya berniat untuk tinggal di Sumedang harus kembali ke Bandung karena ada tugas mendadak. Akhirnya aku pun dan Tia ke rumah hingga menginap di rumah dan melanjutkan perjalanan ke Bandung esok harinya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s