Nostalgia Survey Lokasi P2M

@ Perjalanan Pulang ke Bandung dari Ciamis

Kemarin aku dan beberapa staff dari Depadsospol BEM KEMAKOM 2015/2016 plus Camus Suikoden alias Haris melakukan survey tempat ke Ciamis untuk kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M). Aku meminjam motor Ryan yang tidak bisa ikut karena ada RAPBO di GIK. Kami berangkat 5 motor dengan Ari dan Nissa terlebih dahulu menunggu di depan Masjid Agung Ujung Berung. Akhirnya kami meneruskan perjalanan dan sampai di Desa Mekar Wangi saat adzan Dzuhur.

Di sana kami berpencar sesuai dengan yang telah direncanakan. Aku, Yusuf, Nissa dan Haris pergi ke kepala desa untuk bertanya seputar desa tersebut. Sungguh menarik ketika pak kades tersebut mengatakan bahwa sebenarnya pengabdian mahasiswa seperti P2M atau KKN sebenarnya tidak cukup hanya 1 bulan. Beliau menceritakan tentang mahasiswa pertanian dari salah satu kampus yang melaksanakan program KKN di sana dan hanya memberikan perbekalan pada warga selama 1 bulan. Sedangkan minimal untuk masalah peternakan seperti itu minimal 6 bulan. Namun itu cukup membuktikan bahwa masyarakat sangat terbantu oleh kegiatan mahasiswa bahkan meminta agar lebih lama.

Perjalanan dalam survey ini cukup menantang. Dengan beberapa jalan yang berlubang dan berbatu ditambah dengan hujan yang mengguyur perjalanan pulang, alhamdulillah kami semua selamat sampai kembali ke tempat tinggal masing-masing. Di mana pun P2M akan dilaksankan, semoga mendapatkan kelancaran dan dapat memberikan perubahan yang berarti bagi masyarakat desa tersebut. Aamiin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s