Kuliah Umum bersama Dr. Andrew Fluck

Dr. Andrew Fluck berfoto bersama beberapa mahasiswa Departemen Pendidikan Ilmu Komputer.

Dr. Andrew Fluck berfoto bersama beberapa mahasiswa Departemen Pendidikan Ilmu Komputer.

Senin, 19 Oktober 2015 kemarin perkuliah di pagi hari diganti dengan sebuah kuliah umum. Pasti dari beberapa ilmuwan dari berbagai negara karena beberapa hari ke belakang juga ada seminar internasional di JICA FPMIPA UPI. Ternyata kali ini ada kuliah umum bersama Dr. Andrew Fluck dari University of Tasmania, Australia. Beliau adalah dosen dari Faculty of Education di bidang Teknologi Informasi. Kuliah umum yang diadakan di Auditorium JICA FPMIPA ini memang dikhususkan untuk mahasiswa Departemen Pendidikan Ilmu Komputer.

Di sana Mr. Andrew menjelaskan tentang Scratch, sebuah aplikasi untuk belajar algoritma dan pemrograman untuk anak-anak. Menurut sumber web yang diberikan olehnya, aplikasi ini berasal dari MIT. Dengan user interface yang colorful dan objek utama berupa gambar kucing yang lucu pasti membuat anak-anak akan senang belajar algoritma dengan cara yang menyenangkan pula. Mr. Andrew menyebarkan flash drive kecil yang berisi aplikasi tersebut. Dan ia juga berkeliling untuk mencari tahu apakah ada peserta kuliah umum yang kesulitan. Benar-benar dosen yang memahami betul tentang cara mendidik.

Aku pun tak mau ketinggalan. Aku sempat bertanya mengenai objek yang keluar stage dan tidak ada tombol undo dalam aplikasi tersebut. Dan ia pun menjawab kita dapat mengaturnya dengan mengubah koordinat x dan y yang sebelumnya aku tak tahu.

Pembahasan pun dilanjutkan mengenai Raspberry Pi, sebuah mini komputer yang hanya berharga $15 di Australia. Kami pun diminta untuk membentuk beberapa kelompok dan diminta untuk mendiskusikan ide apa yang dapat kita lakukan dengan menggunakan Raspberry Pi.

Pada kesempatan itu juga beberapa rekan mahasiswa maju untuk menjawab pertanyaan atau mengutarakan pendapatnya. Acara yang dimoderatori oleh Teh Nura ini pun ditutup dengan foto bersama antara Mr. Andrew Fluck dengan para mahasiswa yang sudah maju ke depan pada kesempatan itu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s