KLT 2015

Rahman Abdul Razak saat dilantik menjadi ketua angkatan KEMAKOM 2015.

Rahman Abdul Razak saat dilantik menjadi ketua angkatan KEMAKOM 2015.

KEMAKOM Leadership Training atau KLT selalu memberikan kesan tersendiri dalam kaderisasi di KEMAKOM. Kali ini sedikit berbeda, KLT dilakukan di University Center, bukan di wilayah FPMIPA. Tahun lalu, aku menjadi moderator dalam pematerian kepemimpinan oleh Garry, Ketua KM ITB yang saat ini sedang aktif menjabat. Selain itu aku juga menjadi pemimpin aksi bagi mahasiswa baru angkatan 2014. Walaupun dengan posisi yang sekarang, namun momen KLT juga sangat menarik. Dan tentu saja yang ditunggu-tunggu adalah hari kedua dimana akan adanya sidang pleno untuk memilih ketua angkatan dan simulasi aksi.

Hari pertama diisi oleh pematerian salah satunya dari Dede Fathah, Presiden BEM REMA UPI yang sedang menjabat dan dimoderatori oleh Arif. Ada yang menarik antara aku dan Arif dalam KLT. Kami sama-sama memiliki peran yang sama. Pertama, kami sama-sama menjadi moderator materi kepemimpinan oleh ketua BEM kampus. Kedua, kami sama-sama menjadi presidium 2 di presidium lama sebelum digantikan oleh mahasiswa baru, dan terakhir kami menjadi pemimpin simulasi aksi. Kebetulan? Alam semesta tidak cukup malas untuk membuat sesuatu terjadi secara kebetulan.

Dari kiri: Arif, Haikal, ratna. Presidium sidang pelno pemilihan ketua angkatan 2014 yang hadir menjadi presidium lama di KLT 2015.

Dari kiri: Arif, Haikal, ratna. Presidium sidang pelno pemilihan ketua angkatan 2014 yang hadir menjadi presidium lama di KLT 2015.

Yang paling menarik dari hari pertama adalah bagian debat, di mana mahasiswa baru dibagi dalam dua kelompok pro dan kontra tentang UU Penghinaan Presiden. Debat ini dipimpin oleh Ranggi Rahman. Dan aku sangat menyukai kecerdasannya dalam memimpin debat tersebut.

Hari kedua pastinya akan berjalan sangat seru. Presidium baru pun akhirnya jatuh pada Tasya, Teddy dan Mita. Dari sana, sidang mulai membahas tentang tata tertib pemilihan dan itu pun cukup lama. Aku dan panitia bagian acara pun berpikir bahwa sidang ini akan memakan waktu yang sangat lama mengingat tahun sebelumnya sidang berjalan hingga 2 hari. Namun siapa sangka, setelah berbelit di tata tertib, keempat fraksi yang berada di sidang tersebut memilih hanya satu nama.

Rahman Abdul Razak, akhirnya terpilih menjadi ketua angkatan bagi mahasiswa baru 2015. Kami lega sidang tak melewati batas waktu dan bahkan pemilihan ketua angkatan dilakukan hanya dengan musyawarah, tanpa harus lobbying atau voting. Pengambilan sumpah pun dilakukan dengan khidmat. Sambil menggenggam bendera KEMAKOM dan di bawah kitab suci Al-Qur’an, Rahman membaca sumpah dan janji ketua angkatan.

Ketika mereka meninggalkan kelas....

Ketika mereka meninggalkan kelas….

Aksi, cukup panas. Bahkan sampai ada suatu kejadian yang tidak diinginkan saat salah satu panitia dan mahasiswa baru hampir bentrok secara fisik. Keduanya pun harus dijatuhi hukuman sesuai dengan MoU yang terlah disepakati. Walau jumlah masa aksi tak sebanyak tahun lalu, namun bukan berarti ketegangan saat simulasi ini lebih rendah dari tahun kemarin.

Dan yang terkahir tentu saja game yang terkenal di kalangan KEMAKOM, perang uhud. Perang antara panitia dan peserta untuk mengambil bendera dengan amunisi berupa kantong air ini sudah menjadi permainan wajib di akhir KLT. Namun taruhan kali ini berbeda, yaitu adalah BAM. Jika mahasiswa baru menang, maka mahasiswa baru tidak perlu untuk revisi atau menambah tanda tangan. Tapi seperti dua tahun ke belakang, panitia selalu menang karena mungkin jam terbang dlam mempermainkan game ini pun sudah lebih di atas dari mahasiswa baru.

Di akhir KLT pun aku sempat berbicara secara privasi kepada mahasiswa baru, tanpa didengar panitia, bahkan aku minta agar panitia menjauh. Aku berbicara sebagai posisiku menjadi wakil presiden, bukan sebagai panitia kaderisasi. Setelah itu kami antara panitia dan mahasiswa baru pun bersalaman dengan senyuman, meredam emosi yang mencuat selama KLT berlangsung.

Semoga dengan acara ini mahasiswa baru 2015 mendapatkan ilmu yang positif yang dapat diaplikasikan langsung di kehidupan mereka. Aamiin.

Iklan

2 thoughts on “KLT 2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s