Dari Inkscape Hingga HTML + CSS

Pelatihan Inkscape di Pelatihan Dasar KEMAKOM 2015. Taken by Sita Kartina.

Tanggal 3 dan 4 Oktober kemarin aku menjadi pemateri untuk mahasiswa baru angkatan 2015. Namun berada di dua pelatihan yang berbeda yang sebenarnya tak asing karena sudah memiliki pengalaman di tahun sebelumnya. Kegiatan pada hari Sabtu itu adalah pematerian Inkscape di Pelatihan Dasar KEMAKOM 2015 mewakili Club Ink dan menemani Nurridayanti, yang kedua adalah pelatihan HTML + CSS dari Lab Multimedia bersama Eagan.

Untuk pelatihan dasar, ini kali kedua aku melatih Inkscape di pelatihan yang sama. Bedanya, di tahun kemarin aku harus mengajar 6 kali (2 hari masing-masing 3 kali) itu pun sendirian dan harus berbagi waktu dengan pelatihan desain grafis lainnya, yaitu GIMP dari Kang Asep Mulyadi. Tahun ini aku hanya menjadi asisten Rida yang melatih mahasiswa baru membuat pixel art walau di 30 menit terakhir aku diberi kesempatan untuk mengenalkan teknik-teknik dasar di Inkscape dan membahas sedikit bedanya dengan CorelDRAW.

Pelatihan HTML + CSS

Sedangkan untuk pelatihan HTML, aku juga sudah merasakan saat menjadi asisten praktikum untuk kelas C1 2014. Namun kali ini pun lebih baik karena diberi waktu yang sangat panjang dengan 3 kali pertemuan plus satu pertemuan untuk tes. Dan tentunya kali ini aku juga akan membahas CSS yang tahun lalu aku belum mengenal apa itu CSS. Lumayan sambil mengingat kembali ilmu yang kita miliki. Dan tentunya juga ingin menginspirasi mahasiswa baru untuk memiliki semangat ngulik yang tinggi.

Semoga apa yang aku ajarkan di dua hari itu dapat menjadi ilmu yang bermanfaat atau bahkan dapat disalurkan pada orang lain sehingga ilmu yang diberikan mempunyai manfaat untuk orang yang lebih banyak. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

