Too Large That I Need

Prof. Raphael Finkel. Sumber: http://www.cs.uky.edu/~raphael/finkel3.1.jpg

Oke, sebenarnya banyak momen yang terlewat yang terlanjur basi untuk menulisnya, namun sayang jika tak disimpan dalam blog ini. Pertama adalah kuliah bersama Prof. Raphael Finkel, daru Kentucky University, USA. Beliau mengisi matakuliah Analisis dan Desain Algoritma. Yang membuatku kaget adalah beliau sudah hadir 7 menit sebelum kelas dimulai. Sungguh memalukan untukku ketika sang dosen datang lebih awal dariku. Mr Rafi, begitu ia dipanggil memberi kami materi tentang kompleksitas waktu. Namun perkuliahan sangat menyenangkan untukku. Mr Rafi memiliki cara mengajar yang berbeda. Bahkan dia sempat menjelaskan sejarah salah satu rumus yang ditemukan oleh Gauss, matematikawan.

Ada hal yang menarik dalam perkuliahan tersebut yang dapat diambil hikmahnya. Ketika kelas sedang belajar mengenai notasi O besar, kita hanya butuh fungsi paling sederhana untuk memenuhi notasi yang ada. Beliau mengatakan “The smallest function that works”. Dan tentu saat ada salah satu teman yang menyebutkan salah satu fungsi, Mr Rafi menjawab “Yes, that’s right. But, too large that I need”. Kata-kata itu yang sangat berarti.

Implementasi dalam kehidupan, sebenarnya kita hanya membutuhkan apa yang kita butuhkan, bukan kita inginkan. Seperti notasi yang membutuhkan fungsi paling sederhana dan memenuhi syarat, sebenarnya hidup ini cukup untuk sesuatu yang sebenarnya pula kita butuhkan. Semakin pas semakin baik. Karena kita tahu, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik walau itu adalah sebuah kebaikan yang berlebihan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s