Good Morning, Unrecruited!

Recruited! adalah salah satu kata yang paling kuingat di video profil Djarum Beasiswa Plus saat aku menjalani tahap seleksi yang membawaku hingga tahap akhir bahkan memberikanku harapan yang sangat tinggi. Ditambah dengan perkataan sang pewawancara yang sangat meyakinkan, aku sengat yakin menunggu 31 Agustus sebagai sebuah hari kemenangan. Bagiku sendiri, perjuangan untuk sampai sana tak bisa dibilang mudah. Waktu, tenaga, pikiran dan materi pun cukup terkuras untuk berjuang mendapatkannya. Dan semakin terasa saat aku tahu kegagalan itu di 31 Agustus pagi.

Sempat tidak percaya, atau bahkan berpikir bahwa sistemnya sedang mengalami gangguan. Ah konyol. Aku bertanya pada salah satu kawan yang juga sampai pada tahap wawancara. Aku bertanya kode registrasinya. Aku masukan pada web, dan yang keluar adalah sesuatu yang aku inginkan. Oke lupakan.

Cukup mendapat pelajaran sekali lagi bagaimana menghadapi sebuah kegagalan. Aku tidak terjatuh sakit seperti saat gagal di SNMPTN. Oh tidak. Namun cukup menjadi tahu bagaimana rasanya gagal di final. Messi pernah mengatakan tak ada yang lebih menyakitkan dari pada kalah di final. Yap, selangkah menuju kemenangan. Selangkah lagi. Dan seluruh perjuangan kita pun tak berbeda jauh bahkan hanya berbeda tipis dengan sang pemenang. Karena hanya berbeda di saat “pertandingan” akhir. Yang mungkin juga dianggap sama oleh pihak yang kalah.

Selamat pagi, untuk kalian yang telah berjuang dan gagal di satu langkah terakhir. Selamat pagi, untuk kalian yang jatuh menelan kegagalan dan menjadikannya energi untuk mendapatkan keberhasilan yang lain. Selamat pagi, untuk kalian yang mimpinya akan tergantikan oleh sebuah kenyataan yang lebih indah kelak. Dan semoga 1 September menjadi awal yang baru. Semangat baru untuk bukan melupakan kegagalan dan membuangnya, namun membuatnya sebagai bahan bakar untuk melaju lebih cepat pada keberhasilan yang lainnya. Good Morning, UNRECRUITED!

Tinggalkan Balasan

