Kisah E-405

WP_20150826_14_34_35_Pro

Ruang E-405, JICA FPMIPA UPI

Rabu, 26 Agustus 2015 lalu aku baru tiba di Bandung pagi hari. Hanya istirahat sejenak, aku harus bergegas pergi ke kampus. Ada satu agenda yang mengharuskan aku berada di sana. Bukan tak beralasan, karena aku menjadi pembicara pada salah satu rangkaian acara MOKA-KU jurusan. Di sana aku diminta untuk menjadi pembicara tentang sejarah KEMAKOM dan pentingnya berorganisasi. Tak banyak yang tahu bahwa aku harus menghubungi banyak presiden dan wakil presiden KEMAKOM terdahulu untuk mendapatkan sejarah yang otentik. Dan mungkin menjadi kebanggaan tersendiri untuk mengetahui lebih dulu dibandingkan dengan anggota BEM aktif yang lain.

Bukan aku jika tak diselipkan motivasi dalam setiap pembawaan. Dan aku senang dengan reaksi mahasiswa baru yang hanya dua kelas ini yang terlihat melihatku dengan serius. Karena dengan begitu aku tahu, mereka menaruh perhatian yang besar terhadap apa yang aku utarakan. Sebenarnya cukup kecewa dengan waktu yang sangat sempit. Namun momen yang paling berkesan adalah ketika seorang mahasiswa baru bertanya sambil gemetaran, tentang saran untuk berorganisasi sedangkan dia pernah totally fail saat dipercaya menjadi seorang ketua karang taruna. Dan aku menceritakan kisahku saat menjadi ketua pelaksana acara KAJI!. Semuanya hening. Pembicaraanpun menjadi sebuah motivasi tentang berorganisasi. Dan aku sendiri pun tak percaya aku bisa seperti itu.

Ruang E-405 di JICA itu memang sarat akan sejarah bagiku. Tempat itu adalah kelas pertama aku kuliah bersama dosen. Saat itu kuliah Biologi Umum. Kedua, kelas itu saat aku menjadi moderator Garry di KEMAKOMM Leadership Training 2014 dan akhirnya dia terpilih menjadi Ketua KM-ITB 2015-2016. Dan hari itu aku menjadi pembicara tentang organisasi. Yap, jadi pembicara tentang organisasi. Aku tak percaya akan pernah mendapatkan posisi itu.

Tinggalkan Balasan

