Akrabisasi Angkatan XVI Studio 229

Persiapan menyambut anggota angkatan XVI. Mau satu?

Persiapan menyambut anggota angkatan XVI. Mau satu?

Sabtu, 21 Maret 2015. Hari ini adalah hari akrabisasi anggota Studio 229 angkatan XVI. Sebagai panitia, saya harus berkumpul di Galeri 229 pukul 09.00 WIB. Pukul 05.00 WIB saya masih di Sumedang dan harus bergegas kembali ke Bandung, padahal saya baru sampai di rumah pukul 19.30 WIB. Ya, tidak sampai 12 jam saya di rumah, harus sudah kembali ke kota kembang untuk melaksanakan agenda yang telah direncanakan. Karena tak mau menunggu bus, saya pun memutuskan untuk menggunakan angkot sampai Jatinangor, dilanjutkan menggunakan bus DAMRI dari Jatinangor ke Terminal Leuwipanjang dan tentunya dilanjutkan dengan naik DAMRI ke Terminal Ledeng. Berniat ingin ke tempat kost untuk sekedar berganti baju, melihat waktu yang sudah lewat saya pun langsung menuju Galeri sambil membeli beberapa gorengan sebagai sarapan.

Dan ternyata, di Galeri baru ada Teh Risa sendiri. Menunggu beberapa menit kemudian, barulah rekan-rekan di Studio 229 bermunculan. Kami pun melakukan persiapan untuk menyambut anggota baru. Meja dikeluarkan, peralatan administrasi, pin, buku saku, stiker pun dijejerkan di atas meja. Cukup sabar menunggu, akhirnya ada orang pertama yang datang yaitu Diah dari Pendidikan Ilmu komputer 2013! Yeah.. Dia adalah teman saya di KEMAKOM bahkan saya yang mengantarkannya saat registrasi anggota baru. Sebenarnya banyak dari KEMAKOM yang mendaftar, Cuma yang akhirnya hadir di acara akrabisasi ini ada 5 orang, yaitu Diah, Intan, Ghina dari 2013 lalu Feby dan Twiska dari 2014 yang bolos acara tutorial. Ada satu orang lagi yaitu Akbar dari 2014, tapi tidak hadir mungkin karena kegiatan tutorial.

Taman Jomblo.

Taman Jomblo.

Acara dibuka pukul 10.30 WIB. Acara pertama adalah sambutan-sambutan dari panitia akrabisasi, ketua Studio 229 dan DPM Studio 229. Di sana para penyambut membagikan kisah dan pengalaman mereka selama berada di Studio 229. Bedanya dengan angkatan sebelumnya (angkatan saya), kali ini Om Rudi selaku pendiri Studio 229 tidak berkesempatan hadir. Padahal tahun lalu saya duduk dekat dengan beliau hanya berselang oleh Neneng, teman dari Ilmu Komputer juga yang mendaftar di UKM yang bergerak di bidang seni rupa ini.

Sama seperti tahun lalu, terdapat games perkenalan. Tapi kali ini peserta sangat banyak, akhirnya kita keluar untuk membuat lingkaran. Cukup lama memang, karena setiap orang selain mengenalkan dirinya juga harus memperkenalkan 2 orang sebelumnya. Dan dari sana kita bisa tahu bahwa untuk angkatan XVI ini didominasi oleh mahasiswa dari Teknik Arsitektur. Akhirnya mereka dibagi dalam 8 kelompok dengan warna kelompok masing-masing. Saya dan Adindanya (biasa dipanggil Anya) menjadi pembimbing untuk kelompok 7 yaitu kelompok ungu. Saat itu, yang hadir ada Fikri dan Dibi dari Teknik Arsitektur, Ekat dari Teknik Arsitektur Perumahan, Al dari Pendidikan Seni Rupa, Arin dari Pendidikan Bahasa Inggris, Risda dari Pendidikan Tata Busana dan terakhir yang datang menyusul setelah tutorial ada Almas dari Pendidikan Matematika. Dan kelompok ini sepakat untuk menamai kelompok ini dengan nama ‘Ungu Jomblo’. Haha.

Kelompok Ungu Jomblo mengerjakan Taman Jomblonya.

Kelompok Ungu Jomblo mengerjakan Taman Jomblonya.

Kelompok ini membuat semacam maket pulau yang dinamai dengan taman Jomblo. Karena terdapat 3 mahasiswa Arsitektur, mereka akhirnya berkreasi dengan tanah dan ranting kayu untuk membuat sebuah maket pulau yang dibuat dengan waktu yang sangat singkat. Dan setelah itu tentu dilanjutkan dengan kegiatan presentasi karya. Di sana suasana sangat seru. Setiap presentasi pasti ada joke yang membuat seluruh orang di sana tertawa. Ini poin yang paling mahal, walau semuanya mungkin baru bertemu dan mengenal satu sama lain hari ini untuk pertama kali, namun semuanya terasa akrab dengan tertawa bersama.

Dan acara terakhir adalah pemilihan ketua angkatan untuk angkatan XVI. Seperti tahun lalu yang terpilih adalah Salsa dari Pendidikan Seni Rupa 2012 (satu tahun di atas mayoritas anggota), kali ini yang terpilih adalah Andri dari jurusan yang sama angkatan 2013. Jika dilihat dari acara pertama ini, angkatan XVI jauh lebih bagus dari pada angkatan saya. Mulai dari konsep acara, hingga kuantitas dan kualitas para anggotanya. Semoga angkatan XVI akan selalu utuh dan selalu sebanyak ini hingga nanti pengukuhan, mengkader angkatan XVII dan seterusnya berkarya bersama di Studio 229 tak seperti angkatan atas yang lama-kelamaan berguguran dan hanya menyisakan beberapa orang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s