Inkscape on Pelatdas KEMAKOM

Salah satu screenshoot dari modul yang saya buat untuk Pelatdas.

Salah satu screenshoot dari modul yang saya buat untuk Pelatdas.

Pelatihan Dasar bagi mahasiswa baru Ilmu Komputer dan Pendidikan Ilmu Komputer UPI tahun ini memiliki sesuatu yang berbeda. Yaitu dalam pelatihan desain grafis, panitia memutuskan untuk menggunakan FOSS GIMP dan Inkscape. Tentu langkah ini baik karena sekaligus mengenalkan tentang Free and Open Source Software (FOSS). Dan kebetulan saya dipercaya untuk menjadi pemateri untuk bidang desain vektor, menggunakan Inkscape. Padahal saya juga baru-baru ini menggunakan dan belajar Inkscape.

Acara yang dilaksanakan pada tanggal 25 dan 26 Oktober 2014 ini berlangsung di Laboratorium Umum, Laboratorium Rangkaian Elektronika, dan Laboratorium Praktikum Gedung Ilmu Komputer. Saya menempati Lab. Praktikum bersama Kang Asep Mulyadi yang akan memberikan materi GIMP. Kenapa kami berdua? Karena kami adalah calon anggota Club Ink yang sedang dalam masa kaderisasi. Tahun lalu pun yang menjadi pemateri adalah Kang Tommy dan Kang Siswo, calon anggota Club Ink tahun lalu. Tapi, tahun lalu kami masih belajar Adobe Photoshop dan CorelDRAW, software berbayar walau yang kami gunakan versi trial.

Yang pasti senang bisa berbagi sedikit pengetahuan tentang desain grafis terutama vektor grafis menggunakan Inkscape. Saya pun membuat modul tutorial membuat karakter penguin. Kenapa penguin? Karena penguin identik dengan Linux, OS yang berbasis Open Source. Semoga ilmu yang diberikan menjadi manfaat dan dapat digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat pula. Aamiin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s