Selamat Jalan, Kek

Malam Idul Adha, saya berada di rumah kakek saya yang biasa dipanggil dengan Apa. Sudah kurang lebih 4 bulan Apa terbaring karena kondisinya yang memang sudah menua. Usianya menginjak 86 tahun dan seorang veteran pada zaman perjuangan kemerdekaan. Walau sudah berusia lanjut, Apa masih aktif bergerak, berjalan tegap, pendengaran pun masih baik. Namun semakin tua seseorang tentu kondisinya tak akan sebaik saat ia muda.

Waktu itu Apa terlihat kritis. Saya dan bibi pun memanggil beberapa ahli agama untuk mendoakan Apa. Apa terus dibimbing mengucapkan tahlil. Dan di sana pun saya sudah ikhlas jika Apa pergi, karena mungkin sudah waktunya dan agar tidak tersiksa dengan sakitnya. Sekitar tengah malam saya pun disuruh mamah untuk tidur di rumah saya.

Dan betapa kagetnya ketika saya mendengar pengumuman dari masjid bahwa Apa telah meninggal. Saya bersama kakak dan ayah saya pun bergegas menuju rumah Apa. Di sana Apa sudah tertidur dengan tenang. Saya pun masih dapat menyentuh jasad Apa. Rencana hari itu untuk saya pulang ke Bandung pun saya batalkan.

Banyak orang berdatangan. Dan setelah Apa dimandikan, Almarhum dibawa ke dalam masjid dengan keranda. Masjid pun penuh dengan orang yang menyolatkannya. Lalu pemakaman pun dilakukan setelah itu. Makam Apa berada tepat di samping makam Ema, almarhumah nenek saya yang sudah dahulu menghadap Allah tahun 2006. Sebelumnya Apa sudah memesan agar lahan di samping makam Ema digunakan untuk makamnya kelak.

Salah satu lagi keinginannya adalah ingin meninggal di rumah yang sebenarnya sudah menjadi rumah mamah saya. Dan sama seperti Ema, beliau meninggal saat anak-anaknya berada di Sumedang. Dan keduanya meninggal satu hari setelah hari besar Umat Muslim.

Apa adalah kakek satu-satunya yang saya kenal, karena kakek dari ayah sudah terlebih dahulu meninggal. Banyak kenangan dari Apa yang tidak dapat dilupakan. Dan Apa adalah bagian dari perjuangan bangsa ini. Selamat jalan, Apa. Semoga semua amal ibadah diterima di sisi-Nya. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

