Saresehan #1 BEM KEMAKOM 2014 (Part 1)

Foto hadiah karena memenangkan game di pos 2. Taken by Kang Eggy.

Foto hadiah karena memenangkan game di pos 2. Taken by Kang Eggy.

Kemarin ini adalah hari di mana acara Saresehan 1 BEM KEMAKOM 2014-2015 dilaksanakan. Yap, walau kurang sehat, saya tak mau melewatkan momen yang katanya dilaksanakan agar sesama anggota BEM lebih bersatu dari sebelumnya. Tentu di pikiran sudah terbayang bahwa akan ada banyak game yang mengasah kekompakan setiap anggota BEM dalam suatu kelompok kecil. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan di Pondok Hijau dan dimulai pukul 07.00 WIB. Dan saya pun bergegas ke GIK sebelum waktu yang disepakati.

Pukul 07.10 WIB kami mulai melakukan senam bersama yang dipimpin oleh Kang Rabihi. Setelah itu ada arahan dari Pak Presiden BEM KEMAKOM, yaitu Kang Arif Husni yang juga menyampaikan jargon untuk saresehan ini. Ketika ada seruan “Siapa kita?” maka kami harus kompak menjawab “KEMAKOM!”. Dan jika ditanya “Berapa jumlah kita?” kami pun harus kompak menjawab “Satu!”. Dan itupun dilakukan berulang-ulang kali.

“Siapa kita?”
“KEMAKOM!”
“Berapa jumlah kita?”
“Satu!”
“Siapa kitaaaa?”
“KEMAKOOOOMMMM!!!”
“Berapa jumlah kita?”
“SAATTUUUUUUU!!!”

Haha. Dan itu menjadi semangat pagi dari kegiatan tersebut. Setelah itu kami mendapat arahan dari Kang Arul mengenai teknis dari acara yang dilaksanakan hari ini. Lalu kami semua bergegas ke sebuah lapangan di belakang sport hall yang selama ini hanya saya lihat dari atas jika sedang berada di kostan Faisal. Ternyata cukup luas dan saya baru tahu jalan menuju lapang tersebut adalah lewat sport hall ya baru hari ini.

Berikutnya adalah pematerian dari Kang Cahaya Arifin atau yang sering sipada Kang Ipin. Dulu Kang Ipin ini adalah menteri dari Depadsospol. Dari Depadsospol sendiri yang tak bisa hadir dalam acara ini ada Wandy yang baru saja mendapatkan musibah, Teti dan Destanti yang mengikuti program UPI mendidik selama satu minggu, dan Teh Rifka, Muti yang entah ke mana. Tapi ingat, ini bukan acara departemen, melainkan acara BEM. Walaupun sangat disayangkan sangat banyak anggota BEM yang tak bisa hadir pada hari ini.

Pada pematerian, kami ditanya ulang tentang tujuan kami ada di sini. Apa tujuan masing-masing departemen dan apa tujuan kami semua tergabung dalam BEM. Kang Ipin mengingatkan kami untuk menjadi mahasiswa yang paling cepat dalam mengambil keputusan dibandingkan dengan yang lain. Karena di sini kami sudah mendapatkan pengalaman yang berlebih dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan. Pada kesempatan itu Kang Ipin juga mengingatkan bahwa dalam membentuk suatu kepanitian dalam acara, kami harus pandai dalam memilah dan memilih orang yang memiliki kecenderungan ahli dalam konsep, teknis, atau manajemen. Dan ternyata, setelah dari acara ini Kang Ipin juga ikut dalam kegiatan UPI Mendidik yang diikuti oleh Destanti dan Teti.

Setelah itu kami dibagi dalam 8 kelompok yang beranggotakan 5 sampai 6 orang. Saya pun mendapatkan posisi di kelompok 7 bersama dengan Arif, Ana, Fitry, dan Tantri. Setelah pembagian tugas perkelompok, kami pun bergegas ke pos 4 yang berada di Lapangan Berdebu UPI. Di sepanjang perjalanan kami juga merancang sebuah yel-yel yang akhirnya menggunakan lagu Balonku. Sesampai di pos 4, kami berduel dengan kelompok 8 yang diisi oleh Ryan, Ali, Anisa, Tiara, dan Egi. Sebelum permainan dimulai kami pun menyanyikan yel-yel kelompok masing-masing.

Kami kelompok 7
Di acara saresehan
Di sini kami ada
Untuk jadi pemenang
Kami kelompok 7
Hey!

Yap, yel-yel kami sangat nanggung karena hanya menyanyikan setengah lagu balonku. Setelah kelompok 8 beryel-yel dengan lagu ikhwan akhwat-nya, game pun dimulai. Game pertama adalah memasukan paku dalam botol di mana paku diikat pada 4 benang kasur yang diikatkan pada masing-masing anggota dengan satu instruktur. Anggota yang lain ditutup matanya dan hanya mendengar instruksi dari instruktur. Game ini sangat sulit karena kami harus saling membelakangi sedangkan untuk mengarahkannya hanya satu komando. Dan pada game ini pun dimenangkan oleh kelompok 8.

Foto bareng kelompok 8. Taken by Kang Sarwono.

Foto bareng kelompok 8. Taken by Kang Sarwono.

Game kedua adalah membawa kelereng dengan sumpit. Mungkin karena anggota sebelah terbiasa makan ramen, pada kesempatan ini pun kami kalah lagi. Dan sebagai rewardnya, kelomopk 8 mendapatkan medali yang bertuliskan “S1” yang berarti Saresehan 1. Kami pun diminta untuk ke pos selanjutnya yaitu pos 1. Bersama kelompok 8 lagi? Yap. Walau terkesan aneh dan itu-itu melulu, tapi kami tetap semangat dan berharap bisa memenangkan game di pos berikutnya.

Pos berikutnya adalah game berjalan mengikuti tali dan kaki tidak boleh menyentuh tali tersebut. Tentu jalannya berkelok dan tak mudah. Dan para anggota harus ditutup matanya dan mendengarkan perintah satu instruktur. Ceritanya kali ini saya yang menjadi instruktur. Game pertama pun dimulai. Berhasil sampai finish? Keduanya sama-sama menginjak tali. Tapi karena kelompok 7 lebih jauh, maka kami memenagkan game pertama di pos ini. Game kedua pun sama, tapi kali ini bisa dibilang lebih sulit karena instruktur tak boleh bersuara, hanya dengan tepukan isyarat yang telah disepakati bersama. Dan akhirnya game kedua juga dimenangkan oleh kelompok 7. Dengan urutan posisi dari depan Fitry Rahma, Fitri Ana, Tentri, dan Arif kami sukses menyelesaikan game ini tanpa menyentuh tali hingga garis akhir.

Setelah itu seperti biasa kami ditanya tentang esensi dari game tersebut. Dan akhirnya kami pun mendapatkan medali yang sebelumnya juga didapat oleh kelompok 8. Satu sama. Hehe. Tapi walau begitu kami tetap harmonis. Bahkan saat menunggu game di pos 2 yang belum selesai kami sempat berfoto bersama di depan gedung FPOK. Dan tentu kami pun saling berebut mendapatkan dua medali yang tersisa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s