Ketika Ilmu Komputer UPI Disebut di Media Nasional

Hasil pencarian "Ilmu Komputer UPI" pada Google bagian News.

Hasil pencarian “Ilmu Komputer UPI” pada Google bagian News.

Malam itu saya sempat tersentak ketika mendengarkan Ilmu Komputer UPI disebutkan oleh pembawa berita di salah satu TV nasional. Yap, jurusan saya berkuliah tersebut sekarang bisa dikatakan sedang menjadi buah bibir karena kasus pengihanaan kota bandung dan walikotanya melalui akun jejaring sosial, twitter. Akun @kemalsept yang menghina tersebut kini telah dihapus. Dan yang membuat mahasiswa UPI khususnya mahasiswa Ilmu Komputer geram adalah akun @kemalsept ini dikaitkan dengan almamater kami. Beredar kabar bahwa pemilik akun tersebut adalah Kemal S. yang merupakan mahasiswa Ilmu Komputer UPI 2011. Padahal dari pengakuan kakak tingkat saya sendiri tak kenal dengan nama tersebut.

Akhirnya UPI pun bergerak dan mengeluarkan pers release terkait dengan masalah ini. Dari database yang dimiliki UPI, tidak terdapat mahasiswa UPI yang aktif yang memiliki nama yang bersangkutan. Dan UPI siap menuntut untuk menempuh jalur hukum bagi orang yang menyebar berita palsu bahwa pemilik akun @kemalsept adalah mahasiswa UPI. Ini tentu bentuk pencemaran nama baik bagi UPI itu sendiri. Terlebih UPI dikenal sebagai pencetak pendidik yang memang memiliki karakter civitas yang berpendidikan.

Dan yang sangat disayangkan lagi adalah sikap walikota Bandung, Ridwan Kamil yang menyebutkan nama UPI saat diwawancara oleh wartawan padahal berita tersebut masih berupa kabar burung. Sikap keterbukaan Ridwan Kamil untuk menerima informasi di twitter juga dapat menjadi salah ketika terdapat informasi yang salah dan ditunjukkan untuk Ridwan Kamil. Tapi akhirnya Ridwan Kamil menanggapi tweet dari Presiden BEM REMA UPI, Faqieh Achmahuddin yang menyatakan akan mengklarifikasi bahwa pemilik akun @kemalsept bukanlah mahasiswa UPI.

Karena penasaran, saya pun ikut menyelidiki asal muasal dari mana berita bahwa @kemalsept adalah mahasiswa UPI. Beberapa akun yang menyebutkannya saya mention. Dan akhirnya ada respon dari akun @hooliganbdg. Dan ternyata conversation itu menjadi salah satu bukti dari kesimpulan sementara yang dikeluarkan oleh akun @infoupi. File tersebut dapat diunduh di sini.

Semoga kasus ini cepat selesai dengan tak ada pihak-pihak yang dirugikan. Dan semoga sang pelaku dapat diadili dengan jalur hukum dan peristiwa ini dapat menjadi pendidikan etika bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk bijak dalam menggunakan sosial media.

Β 

Iklan

2 thoughts on “Ketika Ilmu Komputer UPI Disebut di Media Nasional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s