RAM KEMAKOM via SBMPTN

FPMIPA UPI

Diambil pagi-pagi sebelum briefing.

Hari ini masih berlangsung PMB UPI via SBMPTN di BAAK. Khusus untuk SBMPTN, PMB dilakukan terbagi-bagi hari menurut fakultas. Kemarin, FPMIPA dan FPTK sudah melakukan registrasi ulang dan tentu para himpunan mahasiswa dari semua jurusan yang ada di FPMIPA dan FPTK mengadakan kegiatan Registrasi Anggota Muda, termasuk di jurusan saya Ilmu Komputer. Ini adalah kali kedua saya bertugas di advokasi center di RAM KEMAKOM setelah sebelumnya di RAM SNMPTN.

Hari itu dapat kabar bahwa berkumpul pukul 05.30 WIB. Saya pun bangun subuh. Pukul 04.00 WIB sudah mandi melawan dinginnya udara. Setelah semuanya siap, saya bergegas ke gedung JICA tempat berkumpul dengan sebelumnya membeli bekal untuk sarapan bersama panitia yag lain. Ternyata masih sepi. Tak ada satupun orang dan tanda-tanda kehidupan. Saya pikir salah informasi bahwa tempat berkumpl bukan di JICA, tapi di GIK. Akhirnya saya pun jalan menanjak menuju GIK dan hasilnya nihil juga. Saya pun kembali ke JICA dan baru ada Ali seorang. Lama-kelamaan panitia lain berdatangan. Hingga akhirnya kami briefing dan sarapan bersama. Anggota tim advokasi center saat itu yang hadir hanya ada saya, Nissa, dan Wandy. Tapi kami tidak khawatir karena kawan yang lainnya akan menyusul saat acara berlangsung.

Sebenarnya tak jauh berbeda dengan cerita saat RAM SNMPTN lalu. Mahasiswa berdatangan sambil membawa bendera FPMIPA masih sama seperti yang lalu. Cuma yang menarik perhatian saya adalah ada seorang mahasiswa lama yang memang orang tuanya berpenghasilan sangat besar yang pindah ke UPI. Dia adalah mantan mahasiswa salah satu PTN ternama di Jawa Tengah dan alumni salah satu SMA terkemuka di Kota Bandung. Tapi yang membuat bahagia adalah adanya salah satu mahasiswi baru yang mendapatkan UKT sebesar Rp 500.000,-. Itu adalah yang paling murah di Ilmu Komputer UPI selama sistem UKT diberlakukan di seluruh PTN di Indonesia. Dia datang bersama orang tuanya ke FPMIPA B. Saya pun mengajak orang tuanya untuk berdiskusi mengenai permasalahan di advokasi center. Kami juga menyemangati agar mahasiswi baru tersebut mendapatkan beasiswa untuk lebih meringankan beban orang tuanya.

Acara RAM hari ini pun berakhir pukul 15.00 WIB. Cukup cepat karena jumlah yang diterima pun lebih sedikit dibandingkan dengan mahasiswa baru yang lolos dari jalur SNMPTN. Setelah itu kami panitia menghadiri acara halal bi halal antara dosen dan mahasiswa yang dilaksanakan di Ruang 201 Gedung Ilmu Komputer UPI. Acaranya sangat bermanfaat karena ada tausyah dari Pak Harsa.

Masih ada RAM terakhir, RAM via SMUPI dan yang mendapatkan beasiswa bidikmisi. Keep spirit.

4 thoughts on “RAM KEMAKOM via SBMPTN

  1. Kak saya mau tanya , tp bukan tentang ilmu komputer sih. Apa benar untuk jalur snmptn upi lbh memprioritaskan siswa daerah bandung ? Terima kasih kak

Tinggalkan Balasan

