Harusnya Kita Malu

Di tengah media yang sedang panas oleh isu politik dan tontonan lain yang dinilai kurang pantas, pasti ada sebuah acara di televisi yang bermanfaat. Contohnya walau sedang trend sinetron yang kadang berdampak negatif bagi pemirsa, pasti ada acara berupa talk show atau yang lain yang menjadi alternatif penonton cerdas. Walau secara rating acara tersebut masih kalaj dengan sinetron. Tapi setidaknya tayangan motivasi, edukatif, atau hiburan cerdas lainnya menjadi sebuah udara segar di antara udara media yang sudah pengap.

Ada satu lagi acara yang sangat edukatif bahkan memotivasi kita semua, khususnya umat Muslim. Yaitu acara Hafidz Indonesia yang disiarkan di salah satu televisi swasta senior di Indonesia. Tayangan ini berkonsep semacam pencarian talent. Tapi tentu uniknya yang dicari adalah para anak-anak kecil penghapal Al-Qur’an. Di sana kita bisa menyaksikan banyak anak-anak yang mampu menghapal surah-surah panjang. Bahkan mereka mampu melanjutkan ayat yang dibacakan penguji secara acak atau bisa menjawab ayat sebelum ayat yang dibacakan oleh penguji. Subhanallah.

If you can’t be a creator, let be the good consumer.”

Dari acara itu kita harusnya malu. Tak sedikit orang yang telah dewasa masih terbata dalam membaca Al-Qur’an. Apalagi untuk menghapalnya. Dan kita patut bersyukur setidaknya masih ada generasi yang dapat diharapkan untuk mewarisi semuanya. Karena sesuai pepatah, setiap orang ada masanya dan setiap masa ada orangnya. Semoga acara seperti ini dilirik oleh penonton cerdas di Indonesia. Bukan hanya melihat dari sisi hiburan. Tapi apa yang bisa kita dapat dari tayangan tersebut juga bukan masalah sepele. Karena media sangat berpengaruh bagi kehidupan saat ini. If you can’t be a creator, let be the good consumer.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s