Sumedang Today

Salah satu sudut pameran.

Hari ini saya sedang berada di kota kelahiran saya, Sumedang. Ada satu agenda yang membuat saya mengunjungi UPI Kampus Daerah Sumedang. Rencananya ingin tahu kondisi UKT yang menjadi polemik bagi mahasiswa baru yang merasa biaya pendidikan mereka terlalu mahal. Di sana saya bertemu dengan Mega dan Asifa, teman sekelas saya saat SMA dulu. Dan mereka memberi tahu saya bahwa sedang diadakan Pameran Pembangunan Potensi Produk Unggul Daerah.

Akhirnya saya memutuskan untuk mengunjungi pameran yang diadakan oleh pemerintah Sumedang yang diadakan di tempat pacuan kuda. Tempat ini adalah salah satu tempat olahraga saya sewaktu SMA. Banyak yang dipamerkan di sana, mulai dari lembaga-lembaga pemerintahan, stan-stan dari masing-masing kecamatan denan produk unggulnya, perusahaan-perusahaan yang berada di Sumedang, hingga persatuan PKL dan hiburan masyarakat. Katanya sih kalau malam hari tempat ini sangat ramai dan menjadi suatu tempat hiburan warga. Yang menarik bagi saya adalah stan dari masing-masing kecamatan. Tentu yang saya cari adalah kecamatan saya, yaitu Sumedang Selatan. Dan tentu yang ditonjolkan adalah tempat pariwisata, yang salah satunya adalah Kampoeng Toga yang sering menjadi venue kejuaraan paralayang dunia.

Melihat potensi Sumedang dari pameran ini, saya rasa Sumedang bisa lebih maju dari Sumedang hari ini. Banyak potensi yang tidak digali. Mungkin pemerintah harus berevolusi dan diisi oleh orang-orang muda yang memiliki kreativitas lebih segar untuk merubah Sumedang menjadi lebih baik. Pembangunan di Sumedang saat dibutuhkan. Masih banyak infrastruktur dalam berbagai bidang yang harus dibenahi. Salah satunya tentu masalah transportasi. Semoga Sumedang lebih maju dan mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

