Empat Jenis Kampus di Indonesia

Sebagai calon mahasiswa yang akan memilih PTN di SNMPTN, banyak yang membandingkan dua kampus yang sebenarnya tidak bisa dibandingkan. Karena setiap kampus mempunyai jenisnya sendiri. Tidak bisa ditentukan mana yang lebih baik jika dua kampus yang dibandingkan adalah dua kampus yang memiliki jenis yang berbeda. Pada dasarnya, PTN yang di SNMPTN-kan (tidak termasuk politeknik dan kampus yang baru tahun ini menjadi PTN) terbagi menjadi 4 jenis kampus. Dan dari keempat jenis kampus tersebut, mempunyai daya tarik yang berbeda untuk calon mahasiswa khususnya tahun ini di SNMPTN.

Pertama adalah kampus umum. Kampus umum yang dimaksud adalah kampus yang membuka program studi saintek dan soshum. Seperti Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada. Tapi yang menarik adalah bahwa kampus umum lebih dikenal dengan prodi soshumnya. Seperti hukum, psikologi, manajemen, dll. Untuk kategori saintek mungkin hanya kedokteran yang dapat disejajarkan dengan prodi-prodi soshum dari kampus tersebut.

Kedua adalah kampus yang memfokuskan pada prodi saintek, kampus teknik. Kampus ini adalah kampus yang berfokus pada satu bidang ilmu pengetahuan alam. Contohnya adalah Institut Teknologi Bandung, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Biasanya kampus semacam ini hanya menerima calon mahasiswa yang berasal dari jurusan IPA saat mengenyam pendidikan di bangku SMA. Walaupun seperti ITB yang sekarang membuka dua fakultas soshum, tapi tetap saja kampus ini lebih terkenal dengan sainteknya dan diisi oleh orang-orang yang cerdas dalam bidang sains. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa jika diibaratkan sekolah, kampus lain adalah SMA sedangkan kampus teknik itu semacam SMK. Karena memang di kampus ini diisi oleh prodi yang notabene lebih cocok untuk laki-laki.

Selanjutnya adalah kampus pendidikan. Sebenarnya ada nama resmi untuk kampus jenis itu, yaitu LPTK. Atau bisa dikatakan juga kampus LPTK itu adalah kampus eks-IKIP. Yap, kampus ini berfokus pada dunia pendidikan untuk mencetak tenaga pendidik. Contohnya adalah Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Negeri Jakarta. Walaupun terkenal dengan prodi kependidikannya, kampus-kampus LPTK berkembang dan membuka prodi non-kependidikan layaknya kampus umum yang juga menandai perubahan dari nama IKIP menjadi Universitas Negeri di kota masing-masing (kecuali IKIP Bandung yang menjadi Universitas Pendidikan Indonesia, bukan menjadi Universitas Negeri Bandung karena berlaku sebagai tempat didirikannya LPTK pertama yaitu PTPG pada tahun 1954 dan IKIP Singaraja, Bali yang menjadi Universitas Pendidikan Ganesha).

Terakhir adalah kampus keagamaan. Kampus ini hampir mirip seperti LPTK yang menamai kampusnya dengan Universitas Negeri diikuti oleh kota di mana kampus tersebut berada. Kampus yang dimaksud adalah Universitas Islam Negeri (UIN). Uniknya, pembeda untuk nama kampus UIN bukanlah dengan nama kota seperti LPTK, tapi dengan nama-nama wali songo. Seperti di Bandung ada UIN Sunan Gunung Djati, dan di Jakarta ada UIN Syarif Hidayatullah. Kampus ini berada di bawah Kementerian Agama, tak seperti PTN lain yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Iklan

One thought on “Empat Jenis Kampus di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s