SNMPTN? Sudahlah~

The day has come! Waktu yang ditunggu-tunggu oleh siswa kelas XII sederajat telah tiba. Yap, pengumuman SNMPTN. Dari awal ketentuan kapan pengumuman akan dibuka di website resmi SNMPTN terus menjadi simpang siur. Memang jadwal utamanya adalah tanggal 27 Mei 2014, tapi belakangan ada kabar yang menyebutkan bahwa pengumuman akan diundur. Kabar terbaru akan diumumkan pada tanggal 27 pukul 00.00 WIB dan akhirnya secara resmi akan dibuka pada pukul 12.00 WIB. Tentu membuat siswa kelas XI yang berharap dapat masuk ke PTN impiannya merasa sangat tegang.

Tapi untuk pemilih UPI, tidak harus menunggu sampai jam 12 siang. Peserta dapat melihat hasil kelulusan di web PMB UPI. Tapi setelah saya cek, ternyata hanya bisa dilihat oleh peserta dengan memasukan identitas kepesertaannya. Dan saya masih menunggu pengumuman secara keseluruhan yang diterima, karena tahun lalu juga seperti itu.

“Ilmu Komputer adalah jurusan saintek dengan tingkat keketatatn tertinggi di UPI saat ini.”

Gagal di SNMPTN tahun lalu sangat memukul saya. Dan dari adik kelas yang saya tanya (yang memilih UPI), semuanya gagal kecuali Feronika yang berhasil masuk di Pendidikan Sejarah. Sedih, sih. Tapi ya bagaimana lagi. Walau akhirnya mendapatkan beberapa nama yang lolos SNMPTN dari guru BK di SMAN 3 Sumedang. Untuk UPI sendiri saya merasa senang ada yang lolos ke FPMIPA, bahkan ke jurusan saya, Ilmu Komputer. Dia adalah Annisa Larasati dari XII IA 4. Dari berbagai sumber, Ilmu Komputer UPI itu adalah jurusan saintek dengan tingkat keketatatn tertinggi di UPI saat ini. Sedangkan untuk jurusan soshum dipegang oleh Manajemen. Selain Annisa, ada Feronika yang ditemani Tio untuk masuk ke Pendidikan Sejarah, Hartantri masuk ke Pendidikan Ekonomi, dan di Kamda Sumedang ada Tessa dan Inne yang masuk PGSD kelas dan Robby yang masuk PGSD Penjas.

Tapi ini belum bisa disebut kejutan. Karena ada yang lebih seru, yaitu SBMPTN. Ya, seleksi dengan tes tulis ini menjadi ajang yang lebih menantang. Karena siswa tidak hanya duduk menunggu nilai rapotnya ‘bertanding’. Tapi mereka harus belajar keras untuk mendapatkan skor lebih tinggi dari pesaingnya. Dan di SBMPTN ini tidak ada urusan dengan dari mana asal sekolah dia, atau berapa nilai UN dia, pure dari nilai yang didapat dari hasil tes.

Semoga yang belum mendapatkan jalannya di SNMPTN, Allah memberi jalan di SBMPTN karena tahu kalian mampu untuk mendapatkannya dengan perjuangan yang lebih hebat dari yang lainnya. Selalu semangat. Jangan pantang menyerah untuk kejar apa yang kalian impikan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s