Advokasi

Hari ini adalah waktu saya menjalani wawancara sebagai salah satu rangkaian open recruitment dari BEM KEMAKOM. Saya mendaftar pada Departemen Advokasi, Sosial dan Politik atau yang disingkat dengan Depadsospol. Sebenarnya ada satu alasan yang kuat yang mendorong saya untuk masuk ke departemen ini. Tiada alasan lain selain teman baik saya yang harus dicuti paksa oleh pihak universitas. Dia adalah peraih IP tertinggi di kelasnya pada saat itu. Tapi sayangnya semester dua ini dia tidak kuliah karena masalah biaya. Ya, UKT memang menjadi polemik saat ini. Dengan UKT dia yang mencapai 7,8 juta/semester tentu terasa berat hingga harus dicuti paksa. Menurut saya ini sama saja dengan merampas hak asasi manusia yang berhak untuk mendapat pendidikan yang layak.

Dari sini Insya Allah saya dapat membantu kawan, atau adik tingkat agar tak menjadi korban dari kebijakan yang salah yang teman saya alami. Pendidikan diperoleh bukan berdasarkan kasta. Pendidikan dapat didapatkan oleh siapapun, apapun masalahnya. Berjuang untuk memperjuangkan hak-hak orang lain, Insya Allah kita pun akan selalu mendapat kemudahan. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

