Ippan Matsuri UPI 2014

Chidori bareng Sasuke. Taken by Faisal Ramdani.

Setelah pulang dari kegiatan Tutorial PAI di Al-Furqan, saya dan beberapa kawan menuju Gymnasium UPI untuk menghadiri acara yang bertemakan Jepang. Ternyata itu adalah acara dari Mahasiswa Bahasa Jepang. Acara tersebut berjudul “Ippan Matsuri”. Saya pun tak mengerti apa makna dari judul acara tersebut. Tapi hebatnya adalah bukan hanya Jepang yang diangkat, tapi juga disisipi oleh kebudayaan asli Indonesia khususnya Sunda. Terdapat live music, cover dance, dan tentu yang paling menarik adalah cosplay. Jujur saja ini adalah pertama kali saya menonton cosplay. Karena sebenarnya saya tidak terlalu tertarik dengan Jepang. Tapi karena acara ini sangat menarik, jadi saya ikut menonton. Dan pertunjukkannya sangat menghibur.

Banyak orang-orang yang sudah didandan dengan kostum berbagai karakter anime dari Jepang. Dan tentu saja itu menjadi objek untuk pengunjung berfoto bersama mereka. Dari mulai karakter terkenal dari kartun seperti Naruto, One Piece, Samurai-X, sampai karakter yang saya tidak kenal pun hadir di Gymnasium UPI. Dan nampaknya memang acara ini berhasil menarik orang di luar UPI untuk hadir berkumpul di tempat ini.

Wow ada Naruto! Taken by Yudi Masyudi.

Wow ada Naruto! Taken by Yudi Masyudi.

Saya pun tak melewatkan kesempatan untuk berfoto bersama beberapa cosplayer tersebut, haha. Saya sempat berfoto bersama karakter Sasuke, hingga robot yang saya tidak tahu itu karakter apa. Mungkin Gundam, hehe. Tapi ada beberapa karakter terkenal juga yang tak hadir seperti Ultra-Man, atau karakter-karater dari Doraemon. Mungkin gak aneh kalau mereka memerankan Nobita, karena ya kostumnya terkesan mudah dan tidak “wah” di mata orang. Saat pertunjukan cosplay juga ada peserta dari tim HIKA yang menggambarkan suasana Mortal Combat tapi dibungkus dengan cerita lucu juga tegang. Percakapannya lucu, tapi saat melakukan aksi bertarung cukup membuat tegang karena benar-benar saling membanting, hehe.

Itu karakter apa ya?

Itu karakter apa ya?

Ini robot apa saya gak tau -_- yang penting difoto :)

Ini robot apa saya gak tau -_- yang penting difoto 🙂

Yeah si Faisal eksis :)

Yeah si Faisal eksis 🙂

Semoga event-event di UPI semakin keren. Kalau Mahasiswa Bahasa Jepang mengadakan acara semacam ini, bagaimana dari Mahasiswa Bahasa Jerman, Perancis, dan Arab ya? Hehe, I’ll wait for it.

6 thoughts on “Ippan Matsuri UPI 2014

  1. makasih udh review acara kami,
    setuju semoga event-event di UPI makin bagus,
    salam sesama anak UPI,, :))

Tinggalkan Balasan

