Media Oh Media.

Sumber: personal.psu.edu

Masih teringat saat zamannya X-Factor, Fatin menyanyikan lagu “Diamond” milik Rihanna, tiba-tiba lagu tersebut menjadi booming di Indonesia. Bukan hanya anak-anak muda yang banyak memainkan lagu tersebut di gadget mereka, tapi tak sedikit acara TV yang menggunakan backsong lagu tersebut. Tentu dengan lagu yang dibawakan oleh penyanyi aslinya. Ya, itulah hebatnya media. Jika saja ada sebuah lagu yang dibawakan oleh peserta kontes pencarian bakat seperti Indonesian Idol dengan baik dan memikat pemirsa, secara ajaib lagu tersebut menjadi populer. Bahkan lagu lawas pun menjadi bangkit lagi. Dan akhirnya di mana-mana akan diputar lagu tersebut yang dibawakan oleh penyanyi aslinya. Walau sebelumnya lagi tersebut sudah “hilang” dari telinga masyarakat.

Mungkin inilah yang sering digunakan dalam politik dengan apa yang disebut dengan “pencitraan”. Dengan menampilkan pencitraan yang baik di media, tentu masyarakat akan “terpengaruh” dengan pencitraan tersebut sehingga berpikir bahwa orang-orang yang melakukan pencitraan tersebut sangat baik dalam segala bidang. Sebaliknya, tidak sedikit juga yang menggunakan media untuk meruntuhkan nama baik lawan politiknya. Dengan begitu masyarakat akan mempunyai pandangan negatif terhadap orang tersebut. Padahal belum tentu orang tersebut seburuk apa yang diberitakan oleh media.

“Tidak sedikit yang menggunakan media untuk meruntuhkan nama baik lawan politiknya.”

Itulah sulitnya hidup di era sekarang. Media sangat kuat. Orang yang menguasai media yang terlihat hebat. Dan orang yang menguasai media yang dengan mudah dapat membuat orang lain terpuruk. Harusnya kita sadar bahwa setiap pemberitaan di media tidak harus kita percayai secara langsung. Karena bisa saja itu menjadi senjata para elite politik untuk memuluskan karir politik mereka. Memang sulit hidup di zaman sekarang. Uang, media, kedudukan, jabatan, seolah menjadi hal terkuat yang bisa “mempermainkan” dunia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s