Ujian Nasional

Sumber: republika.co.id

Hari ini adalah hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional bagi angkatan 2012/2013. Ujian nasional yang selalu menjadi hal yang menakutkan bagi siswa tingkat akhir ini masih saja berjalan walau di tahun-tahun ke belakang pun mendapatkan protes untuk diberhentikan. Tapi bukan diberhentikan, malah ujian nasional sekarang-sekarang menggunakan sistem yang lebih ketat dan tentu membuat siswa lebih takut untuk menghadapinya.

Ujian tahun lalu pun hanya berbeda tanggal satu hari dari tahun sekarang. Tahun lalu, ujian saya berlangsung tanggal 15 April, yap tepat hari ulang tahun saya ke-18. Dengan sistem barcode, pemerintah berupaya untuk menjadikan ujian nasional menjadi lebih baik dengan mengurangi kecurangan. Sesuatu yang bagus juga untuk menaikan mental bangsa untuk menegakkan kejujuran yang sudah luntur pada bangsa ini.

“Dengan sistem barcode, pemerintah berupaya untuk menjadikan ujian nasional menjadi lebih baik dengan mengurangi kecurangan.”

Tapi yang saya heran adalah banyak dari siswa kelas XII yang mengupdate status di sosial media dari pada belajar di rumah. Menghabiskan waktu untuk mengekspresikan kekhawatirannya di media sosial dari pada mempersiapkan untuk menghadapinya. Huh, namanya juga anak muda. Semoga saja pelaksaan UN tahun ini lancar tak seperti UN tahun lalu di mana 11 provinsi terlambat menerima naskah soal ujian.

Semoga pendidikan di negeri ini semakin membaik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s