Akrabisasi dan Kaderisasi Studio 229

Logo Studio 229 UPI

Logo Studio 229 UPI

Hari ini adalah hari pertama berkumpul bersama anggota Studio 229 lainnya di sekretariat. Awalnya merasa canggung, karena akan bertemu dengan orang-orang yang ahli seni dan mungkin akan didominasi mahasiswa dari Seni Rupa. Dari kejauhan terlihat di depan sekre Studio 229 terdapat beberapa orang. Tersedia juga meja dan kursi untuk mengabsen kehadiran anggota baru. Saat tiba di depan, saya disapa dengan hangat, jauh dari dugaan saya, haha. Setelah tanda tangan bukti kehadiran, saya dapat memilih pin Studio 229. Akhirnya saya memilih pin dengan latar berwarna putih. Selain itu saya juga mendapatkan buku saku. Karena Studio 229 ini adalah UKM yang bergerak di bidang seni rupa, tentu saja desain dari buku saku pun sagat elegan. Berwarna merah menyala seperti logonya, dan berisi tentang sejarah singkat Studio 229.

Setelah semua berkumpul, acara pun dimulai dengan berdoa. Setelah itu ada sambutan dari ketua pelaksana, ketua Studio 229, dan Om Rudi selaku pendiri dan pembuat logo Studio 229 pun turut hadir. Dengan setelan seniman, dengan mengatakan dirinya dengan sebutan β€˜aku’ Om Rudi mulai menceritakan pembentukan Studio 229 sejak 1992 lalu. Tapi yang lebih menarik bagi saya adalah saat Om Rudi menjelaskan filosofi tentang logo Studio 229. Sangat dalam. Dan saya memang yakin bahwa logo ini bukan logo main-main yang hanya dibuat untuk memenuhi nilai estetika saja. Tetapi terdapat filosofi seni yang sangat dalam yang dibuat oleh seorang seniman.

“Dan saya memang yakin bahwa logo ini bukan logo main-main yang hanya dibuat untuk memenuhi nilai estetika saja.”

Setelah itu, kita semua berdiri dan saling mengenalkan nama masing-masing. Setelah itu kami dibagi menjadi 6 kelompok. Setiap kelompok diberi 1 kertas, dan diberi waktu 20 menit untuk menciptakan sebuah karya seni. Saya satu kelompok bersama A Nono dan A Esa dari Pendidikan Seni Rupa 2012, Dita dan Ajay dari Pendidikan Seni Rupa 2013 dan Kholi dari Perpustakan dan Informasi. Kami membuat logo Studio 229 dengan pewarnaan dari buah yang berwarna merah. Selain itu kami juga menambahkan outline, dan memberikan name art pada karya tersebut. Setelah 20 menit, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil karya seni rupanya. Presentasi sangat kocak, karena komentar-komentar yang diberikan sangat lucu dan diluar dugaan. Sesekali mahasiswa Seni Rupa menjelaskan secara ruang lingkup seni yang tentu sangat menambah pengetahuan saya di seni.

Pertemuan berjalan sangat akrab, sangat nyaman. Hingga akhirnya terpilihlah A Esa sebagai koordinator angkatan XV (angkatan saya). Sebelum pulang, kami semua berfoto di depan sekre seperti sebuah organisasi atau perkumpulan yang sudah kompak, padahal hari ini adalah pertemuan yang pertama. Akhirnya saya pun pulang dan tak sabar menunggu kuliah pertama minggu depan: Nirmana 2D.

Tinggalkan Balasan

