Matematika GASING

Ini adalah tulisan saya pada tanggal 10 Maret 2012 di blog lama saya tulisan-banyu.blogspot.com. Tapi saya pikir cukup menarik untuk diangkat lagi di blog saya yang baru ini. Kali ini akan saya repost tulisan saya sendiri itu, Hehe. Let’s read!

——————————————————————————————-

 

Sumber: tulisan-banyu.blogspot.com

Sabtu, 10 Maret 2012.

Saya tidak berangkat ke sekolah, karena harus mengikuti seminar pelatihan Matematika Gasing oleh Prof. Chatief Kunjaya, Ph.D. yang sekarang menjadi dosen ITB. Sebelum datang ke tempat ini saya berangan-angan jika Prof. Yohanes Surya, Ph.D. yang mengadakan seminar di kota ini. Tapi itu sangat sulit walau tak ada kata tak mungkin.

Setelah sampai, saya yang datang bersama Mia teman saya menunggu di depan Gedung KGS Sumedang (lokasi seminar). Saat itu ada mobil APV yang berhenti dan banyak orang yang turun. Ada seorang bapak-bapak yang mencolok dan terlihat sangan berwawasan luas, saya pikir dia profesornya.

Ternyata benar saja. Dia adalah Profesor yang dimaksud. Acara yang rencana dimulai jam 8 pagi, baru dimulai jam 9 pagi. Biasa.. Indonesia. Acara dimulai dengan sambutan Kepala Dinas Pendidikan Sumedang, lalu ada Ir. Didi yang berpanjang lebar berpidato. Ternyata saya yang duduk paling depan bagian peserta (di belakang VIP) sedang berada di belakang orang-orang hebat. Salah satunya ada CEO Petronas Jatim. Wow.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan beasiswa dan P3S (Paguyuban Peduli Pengembangan Sumedang). Dari SMA saya, Mia yang berkesempatan mendapatkan beasiswa tersebut. Akhirnya, perwakilan setiap jenjang (SD, SMP, SMA, MA) maju. Mereka ditanya, apa cita-cita mereka. Ada yang menjawab guru, insinyur pertanian, dokter, dosen, pengusaha, sampai ada yang bilang ingin menjadi orang kaya, yang membuat seluruh orang di gedung itu tertawa. Setelahnya ada pemberian sepeda gunung kepada siswa SMAN 1 Sumedang yang mengharumkan nama Sumedang di bidang Balap Sepeda tingkat nasional.

Acara memasuki inti. Saya sangat kagum kepada Prof. Kunjaya. Ternyata dia adalah seorang Presiden International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA). Wow! dia menyelesaikan S-1 nya di ITB, dan S-2 dan S-3 di Universitas Kyoto Jepang. Dan ternyata, metode GASING yang dibawakan oleh Prof. Kunjaya ini adalah metode yang dikembangkan oleh Prof. Yohanes Surya! saya makin bersemangat mengikuti seminar ini.

Salah satu perkataan yang membuat saya kagum adalah “Belum belajar kita sudah merasa sulit, maka itu akan benar-benar sulit.” Great! ada lagi saat dia mengutip perkataan Prof. Yohanes Surya “Tidak ada murid yang bodoh, asalkan kita mengajarkan dengan benar”.

Profesor juga menjelaskan, jika kita ingin membuka les dengan metode GASING, Prof. Surya tidak meminta royalti dan tak usah meminta izin. Cukup hanya dengan menggunakan buku yang telah ia buat. Sungguh perbuatan yang mulia. Bahkan Prof. Kunjaya bercerita tentang perjalanan Prof. Surya ke tanah Papua. Mengajarkan anak Papua yang sama sekali tidak bisa berhitung, manjadi mahir bahkan mengalahkan Prof. Surya. Great!

Β “Guru yang baik akan bahagia kalau muridnya lebih pandai” (Prof. Chatief Kunjaya, Ph.D.)

Di seminar ini, saya merasa mendapatkan sangat banyak ilmu. Dimulai dari cara penumlahan, pengkalian, pengurangan, dan pembagian yang efektif dan cara memahami konsep. Dari seminar ini juga, saya tahu keistimewaan perkalian 9. Lihat ini:

2 x 9 = 1 8
3 x 9 = 2 7
4 x 9 = 3 6
5 x 9 = 4 5
6 x 9 = 5 4
7 x 9 = 6 3
8 x 9 = 7 2
9 x 9 = 8 1

Tentu kita sudah banyak yang hafal denga perkalian sembilan. Apa istimewanya? lihat! setiap hasilnya yang berdigit dua angka, jika 2 angka tersebut dijumlah, hasilnya akan 9. 1+8, 2+7, 3+6, dst.. Lalu perhatikan lagi hasil-hasil yang ada di atas. Coba lihat di 2 x 9 = 18. Lihat angka 1 dan lihat ke bawahnya, maka akan didapatkan 12345678, sebaliknya jika ditinjau dari angka 8 dan dilihat ke bawah, maka akan menjadi 87654321.

Seminar atau pelatihan ini berlangsung selama 6 jam dengan 1 jam istirahat. Jam 3 akhirnya saya pulang dengan ilmu yang saya dapatkan dan sertifikat, hehe…

Tinggalkan Balasan

