Wasting Time

Hari ini saya bangun terlambat yang berakibat terburu-burunya sarapan, dan tak mendapatkan kursi paling depan di kuliah algoritma dan pemrograman. Bahkan Bu Rosa selaku dosen saat memeriksa kehadiran kelas heran saya duduk di belakang saat nama saya dipanggil. “Tumben di belakang”, ujarnya. Ya itulah akibat dari kelalaian memanfaatkan waktu dengan baik. Kuliah dilanjutkan dengan bahasa Inggris. Pada kuliah itu juga sang dosen memberikan “sajian pembuka” berupa ceramah tentang bagaimana kita memanage waktu dengan baik, intinyaย sih kita sebagai mahasiswa tidak boleh menunda tugas kita hingga datangna deadline.

Setelah kuliah bahasa Inggris, saya pun bergegas ke kostan untuk istirahat dan makan siang. Lalu saya pun kembali ke kampus jauh sebelum masuk pada kuliah logika informatika karena belum mendownload tugas untuk basis data. Ya maksudnyaย sih agar menggunakan wifi di GIK. Dan di sana saya bertekad juga akan mengerjakan tugas rangkaian elektronika. Tapi apa yang terjadi? Yang ada lebih ke arah membuang waktu. Seperti membuka facebook, twitter yang tak ada kaitannya dengan tugas kuliah yang masih menumpuk.

“Bukan ‘Kita tak punya banyak waktu luang’, tapi ‘Kita terlalu punya banyak waktu terbuang’.”

Dari sana saya sadar bahwa salah jika terus menerus beralasan bahwa saya tak memiliki banyak waktu. Waktu itu banyak, tapi masih sering digunakan untuk hal-hal yang sebenarnya kita bisa lebih produktif. Memang kuliah saya di Ilmu Komputer ini bisa dibilang padat. Bayangkan saja kuliah lebih dari 30 SKS dalam seminggu. Tapi yang harus saya akui adalah saya masih sering membuang waktu. Karena, masalahnya bukanlah “Kita tak punya banyak waktu luang”, tapi “Kita terlalu banyak memiliki waktu terbuang”.

Tinggalkan Balasan

