Compiler-Error

Compiler-Error, itulah yang muncul setelah saya mengupload tugas praktikum algortima dan pemrograman untuk membuat simulasi game pacman. Bergegas untuk pulang Jumat lalu ke Sumedang, saya membuat algoritma program tersebut di bus sembari membunuh waktu karena jalanan yang macet. Setibanya di Sumedang, saya mulai mengerjakan program tersebut. Rentetan kode saya tulis untuk mengartikan algoritma yang telah saya buat untuk membuat program ini, dan selesai! berbagai tes telah diuji. Tapi pada kenyataanya, setelah diupload di CSPC (Computer Science Programming Contest) hasil yang didapat tidak sesuai dengan yang diinginkan. Dan sekaligus untuk pertama kali, saya mendapatkan hasil compiler-error.

Yap, hari Sabtu, pekerjaan membuat simulasi pacman sama sekali tidak saya ubah sedikit pun. Hingga akhirnya siang tadi setelah selesai tutorial dan makan siang saya coba untuk menambahkan sesuatu pada source code yang telah saya buat dari Jumat malam. Apa yang saya tambahkan? Hanya sebuah komentar tentang pernyataan kejujuran dalam mengerjakan tugas yang juga menjadi salah satu syarat diterimanya tugas ini. Tentu komentar tersebut tidak akan merubah apapun pada program. Tapi siapa tahu setelah menambahkan komentar tersebut program saya menjadi berhasil dan pekerjaan saya telah beres? Padahal sebelumnya saya mendapati hasil compiler-error dan saya tidak tahu bagian mana yang error. Sebab pada hasil kompilasi terlehat bahwa yang error itu adalah kode di baris-baris yang menurut semua programmer mungkin tidak ada masalah, seperti #include di baris pertama.

Entah apa yang salah dengan hasil pekerjaan saya yang pertama, yang jelas tugas selesai, hehe. Oh iya, setelah jauh hari batas waktu tugas ini berakhir, saya akan membagikan tentang soal dan kode program pacman ini. Tapi nanti, hehe. FYI, saya mengerjakan program ini dengan 154 baris kode. Katanya sih teman saya ada yang bisa mengerjakan tugas tersebut hanya dengan 40 baris kode. Nanti kita sharing, deh 🙂

Tinggalkan Balasan

