Persamaan PTN Bandung dan Surabaya

Setiap kota besar pasti memiliki kampus yang dapat menjadi pencitraan kota tersebut. Untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) selain Bogor yang “hanya” memiliki Institut Pertanian Bogor, kota-kota besar lainnya memiliki 3 kampus yang terdiri dari kampus umum, kampus pendidikan, dan kampus keagamaan. Nah, Bandung dan Surabaya boleh sedikit lebih berbangga karena mereka memiliki kampus teknik di kotanya selain kampus-kampus yang disebutkan di atas.

Di Yogyakarta mungkin kita semua tahu bahwa ada Universitas Gadjah Mada (UGM) yang sangat ternama. UGM tak sendirian di Yogyakarta. UGM ditemani oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA). Hal serupa mungkin juga dimiliki oleh beberapa kota di Indonesia. Namun, untuk Bandung dan Surabaya, kedua kota ini setidaknya memiliki 4 kampus yang di-SNMPTN-kan oleh Dikti. Apa bentuk kesamaan dari PTN yang ada di kedua kota ini? Kita lihat pembahasannya.

KAMPUS TEKNIK

Bandung: Institut Teknologi Bandung (ITB)
Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Jika Anda adalah seorang yang senang browsing tentang kampus-kampus di Indonesia, tentu Anda pernah membaca beberapa forum yang membanding-bandingkan ITB dan ITS. Ya, kedua kampus ini kadang diperdebatkan bahkan oleh mahasiswanya sendiri siapa yang lebih baik. Anda bisa googling sendiri apa yang saya maksud. Yang jelas di sini saya tidak membawa perdebatan tersebut. Hanya menginfokan bahwa di dua kota ini terdapat sebuah institut teknologi negeri yang tidak semua kota di Indonesia memilikinya.

Institut Teknologi Bandung (ITB) di Bandung. Sumber: wn-update.blogspot.com

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di Surabaya. Sumber: brilliatapanjl.blogspot.com

POLITEKNIK

Bandung: Politeknik Negeri Bandung (Polban)
Surabaya: Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

Selanjutnya adalah politeknik. Walau tidak di-SNMPTN-kan, politeknik juga menjadi tujuan utama bagi siswa SMA untuk melanjutkan studinya di bidang teknik. Kebetulan kedua politeknik ini adalah “turunan” dari kedua institut teknologi yang ada di Bandung dan Surabaya. Bedanya, Polban benar-benar sudah memisahkan diri dari ITB, sedangkan PENS masih dalam naungan ITS.

Politeknik Negeri Bandung (Polban) di Bandung. Sumber: alifaeglantine.wordpress.com

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) di Surabaya. Sumber: briliantapanjol.blogspot.com

KAMPUS UMUM

Bandung: Universitas Padjadjaran (Unpad)
Surabaya: Universitas Airlangga (Unair)

Walau sebagian besar kegiatan kampus dan gedung rektoratnya sudah dipindahkan ke Jatinangor, Sumedang, Unpad tetap salah satu PTN yang ada di Bandung. Lain di Surabaya, terdapat Unair yang menjadi pilihan siswa SMA untuk meneruskan pendidikannya di kampus yang notabene jurusan IPS seperti hukum, manajemen, komunikasi, politik, dll. Tak hanya itu, kedua kampus ini juga memiliki jurusan Kedokteran yang menjadi salah satu jurusan terfavoritnya.

Universitas Padjadjaran (Unpad) di Bandung. Sumber: justkardomanwordpress.com

Universitas Airlangga (Unair) di Surabaya. Sumber: mymedic2u.com

KAMPUS PENDIDIKAN

Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Surabaya: Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

Nah, kedua kampus ini memiliki cerita tersendiri bagi hidup saya. Unesa adalah kampus pertama dimana saya pertama kali masuk ke sebuah kampus universitas. Saat itu sedang diadakan olimpiade MIPA yang diselenggarakan di sana saat saya masih SD di Surabaya. Sedangkan UPI adalah kampus saya sekarang kuliah. Kedua kampus ini dikenal dengan jurusan keguruannya, walaupun jurusan yang ada di dalamnya tidak hanya jurusan yang akan melahirkan sarjana pendidikan saja. Tak seperti LPTK lainnya, UPI tidak menggunakan nama Universitas Negeri diikuti dengan nama kota seperti Unesa (Surabaya), UNY (Yogyakarta), UNJ (Jakarta), dll.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung. Sumber: fpmipa.upi.edu

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) di Surabaya. Sumber: diditgrafis.wix.com

KAMPUS KEAGAMAAN

Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD)
Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA)

Terakhir adalah universitas yang dibawahi oleh Kementerian Agama. Dari namanya sudah jelas bahwa universitas ini berfokus pada agama. Hal ini mengikuti metode seperti MA yang setara dengan SMA. UIN pun memiliki jurusan-jurusan yang sama seperti kampus lainnya di samping jurusan keagamaan. Nama-nama UIN yang berada di kota-kota besar di Indonesia diambil dari nama-nama Walisongo.

Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) di Bandung. Sumber: fdk.uinsgd.ac.id

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) di Surabaya. Sumber: hsbfakhri.blogspot.com

Itulah persamaan PTN di Bandung da Surabaya. Kebetulan saya pernah tinggal di dua kota tersebut. Hehe. Semoga informasi ini setidaknya dapat menjadi wawasan tambahan bagi Anda, atau bahkan menjadi salah satu informasi untuk menentukan universitas di kedua kota tersebut bagi Anda yang masih SMA. Yang jelas, di mana pun kampus Anda, jadikanlah kampus itu untuk menggapai cita-cita Anda. Terima kasih sudah berkunjung ๐Ÿ™‚

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s