CSPC UPI

Ada sebuah metode menarik yang diberikan kepada Mahasiswa Ilmu Komputer UPI untuk menarik minatnya dalam hal programming. Yaitu dengan mengadakan CSPC (Computer Science Programming Contest). CSPC adalah kontes yang disediakan di sebuah web dengan menggunakan online judge sebagai penilaian program yang telah kita buat. CSPC juga digunkan untuk kuis dari mata kuliah Algoritma dan Pemrograman.

Halaman data peserta CSPC.

Halaman data peserta CSPC.

Dari sana, kita dapat melihat soal permasalahan dan mulai membuat program tersebut. Penilaian yang dilakukan oleh mesin akan memberitahu kita apakah program kita sudah sesuai atau belum. Dan program yang diminta harus sama sama persis, bahkan sampai spasi pun menjadi penilaian. Dan perlu diingat, pada online judge ini berlaku case-sensitive.

Penilaian dilihat dari jumlah program yang  kita kerjakan. Jika ada jumlah yang sama, maka yang akan menjadi penilaian adalah kecepatan mengunggah hasil coding kita yang berekstensi .c tersebut. Jika pada saat mengunggah file dan ternyata salah, maka kita akan mendapatkan penalty-time yang tentu akan mempengaruhi peringkat kita di klasemen akhir.

Tampilan peringkat CSPC.

Pada gambar di atas pada kolom skor terdapat dua bagian. Bagian kiri adalah jumlah program yang berhasil dikerjakan. Semakin banyak program yang berhasil dikerjakan maka semakin tinggi peringkat mahasiswa tersebut. Di bagian kanan adalah jumlah waktu untuk menyelesaikan program tersebut. Semakin besar angkanya, maka semakin lama mahasiswa mengerjakan program tersebut dan peringkatnya akan semakin bawah. Itu mengapa walau sama-sama mengerjakan 5 program, tapi saya berada di posisi ke-3. Hehe.

Sedangkan di sampingnya kita dapat melihat program yang dikerjakan. Jika berhasil akan berwarna hijau, jika gagal akan berwarna merah. Jika belum mencoba mengunggah filenya, maka tetap akan berwarna putih. Di kotak tersebut terdapat angka-angka yang menunjukkan berapa kali si mahasiswa mengunggah filenya. Jika terdapat angka 3, itu berari dalam percobaan pertama dan kedua, program mahasiswa tersebut belum correct. Dan berhasil pada percobaan yang ketiga. Jika angka 1 yang muncul, berarti program tersebut langsung sesuai dengan online judge dalam satu kali percobaan pengunggahan. Dan ini akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi yang dapat mengerjakannya.

Nah, begitulah cerita dari Ilmu Komputer UPI kali ini. Lain kali saya akan mencoba untuk membuat postingan-postingan sederhana yang menjelaskan cara membuat program yang sederhana juga. Hehe. Walau sederhana, semoga ilmunya bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. Keep reading 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s