Sosialisasi UPI ke SMAN 3 Sumedang

Mahasiswa UPI alumni SMAN 3 Sumedang berfoto bersama Bu Ai dan Bu Ina selaku BP SMAN 3 Sumedang. Dari kiri: Tendi (Teknologo Pendidikan), Tresna (Teknik Sipil D3), Adit (PGSD Penjas), Sari (PGSD Kelas), Bu Ai, Bu Ina, Banyu (Ilmu Komputer),  Nisa (PGSD Kelas), Mega (PGSD Kelas) dan Asifa (PGSD Kelas). Sumber gambar: Frahmadia

Sabtu, 25 Januari menjadi hari diselenggarakannya sosialisasi UPI ke SMAN 3 Sumedang. Sosialisasi ini dilaksanakan oleh Mahasiswa UPI yang juga sebagai alumni dari sekolah tersebut. Saya ditemani rekan-rekan saya, diantaranya Tresna (Teknik Sipil D3), Tendi (Teknologi Pendidikan) dan Andri (Pendidikan Sejarah). Selain rekan yang berasal dari kampus Bumsil, rekan-rekan seperjuangan dari Kampus Daerah Sumedang juga turut hadir dalam sosialisasi ini. Mereka adalah Mega, Asifa, Nisa, Desi, Frahmadia, Sari dan Adit.

“Untuk menjadi guru, mengabdi adalah hal wajib yang ada di dalam hati.”

Pada sosialisasi ini saya masuk ke dalam 2 kelas. Yaitu XII IA 5 dan XII IS 1. Di kelas XII IA 5, ternyata saya mengambil jatah jam pelajaran Bahasa Jerman. Wuuww. Sedikit gugup karena Bu Dewi guru Bahasa Jerman dikenal sebagai guru yang galak. Padahal Bu Dewi itu orangnya lembut, kok. Hehe. Saya ditemani oleh Mega dan Frahmadia dari PGSD Kampus Daerah Sumedang. Di kelas XII IA 5 (mantan kelas saya), saya menerangkan sudut pandang kebanyakan orang mengenai UPI. Yang kata orang masuk UPI itu pasti jadi guru. Akhirnya saya jelaskan bahwa di UPI itu tidak hanya menjadi guru, tetapi juga ada program studi non-kependidikan. Contohnya ya saya ini. Lambat laun saya mulai masuk ke fakultas dan jurusan. Beasiswa, fasilitas, jalur masuk juga menjadi info penting untuk siswa kelas XII yang sedang galau. Tapi nampaknya mereka kurang antusias. But, so what? Kita memang mencari orang-orang yang benar-benar ingin masuk kampus pendidikan ini. Terlebih untuk menjadi guru, mengabdi adalah hal wajib yang ada di dalam hati orang tersebut.

Sosialisasi di kelas XII IA 5. Sumber foto: Frahmadia

Ada 2 orang dari kelas XII IA 5 yang antusias ingin masuk UPI. Yaitu Azmi dan Tio. Azmi ingin masuk ke Pendidikan Kimia, di FPMIPA. Sedangkan Tio yang memang pernah mendapatkan skor TOEFL tertinggi di sekolah menginginkan Pendidikan Bahasa Inggris di FPBS. Kedua-duanya memiliki pilihan yang bagus dan kedua prodi itu memang termasuk yang favorit di UPI. Akhirnya 4 stiker yang tadinya akan saya bagikan untuk 4 orang, saya bagikan kepada 2 orang tersebut. Masing-masing 2 buah. Semoga menjadi doa untuk mereka berdua melanjutkan studinya di Bumi Siliwangi. Lanjut ceritanya saya masuk ke XII IS 1, hanya menambahkan apa  yang sudah dijelaskan oleh kawan-kawan saya yang sudah terlebih dahulu di sana. Ada beberapa siswa yang ingin masuk FPOK UPI. Memang SMAN 3 Sumedang itu terkenal dengan olahraganya. Wajar bila banyak siswanya yang ingin melanjutkan studi di FPOK UPI. Mengingat FPOK adalah tempat kuliah berbasis olahraga terbaik di Indonesia.

Akhirnya sosialisasi pun ditutup dengan penyerahan plakat yang diberikan kepada BP SMAn 2 Sumedang. Plakat tersebut adalah titipan dari Paguyuban Mahasiswa Insun Medal Sumedang, sebuah perkumpulan mahasiswa asal Sumedang yang berkuliah di UPI. Semoga sosialisasi ini dapat memberikan pencerahan kepada siswa kelas XII. Karena memang tujuan diadakannya sosialisasi ini untuk membuka mata, membuka pikiran mereka yang masih tertutup.

Tinggalkan Balasan

