Untuk Kalian yang Berjas Almamater

Tahun 2013 kemarin adalah tahun perubahan bagi saya. Karena di tahun itulah saya menjadi seorang mahasiswa. Saat saya ospek, di sana diterangkan oleh seorang pembicara bahwa mahasiswa itu agent of change, social control, and as iron stock. Wow, terdengar sangat hebat. Walau sebagian orang jika mendengar kata mahasiswa, yang terbesit dalam pikirannya adalah orang-orang yang membuat kerusuhan saat berdemonstrasi. Saya yakin Anda pun berpikir demikian.

Tapi ternyata apa yang saya bayangkan mengenai orang yang berjas almamater itu tak sesuai kenyataan. Masih banyak mahasiswa yang memiliki pola pikir seperti anak SMA. Masih mengedepankan ego, masih ingin terlihat yang paling hebat, intinya masih belum terlihat jika dia memiliki sifat lebih dewasa dari anak SMA. Dalam mengerjakan tugas atau kerja berkelompok pun, sifat yang harusnya dimiliki oleh seorang mahasiswa jarang terlihat.

“Masih banyak mahasiswa yang memiliki pola pikir seperti anak SMA.”

Ada hal yang menarik saat saya membuka akun Twitter. Awalnya saya hanya sekadar ingin tahu sebuah akun yang di-mention oleh teman saya yang berkuliah di ITB. Nampaknya tweet dia sangat serius. Akun yang di-mention tersebut adalah @GAS_ITB. Dan setelah saya telusuri, ternyata @GAS_ITB adalah Gerakan Anti-Sosialita Institut Teknologi Bandung. Mereka mempunyai misi untuk membubarkan KM-ITB dengan alasan-alasan yang mereka pampangkan di tweet-tweet akun tersebut.

Akun @GAS_ITB

Akun @GAS_ITB

Awalnya saya ada rasa respect dengan akun ini. Saya melihat tweet-tweet akun ini dan aya rasa ada poin-poin yang membuat saya setuju dengan akun ini. Tapi lucunya, tiba-tiba muncul akun-akun lain: @GAS_UI, @GAS_UGM, dan @GAS_UNPAD. Dan hal yang menggelikan adalah, ketiga akun baru itu sama-sama baru, baru memiliki 2 tweets dan pada bio akun tersebut terdapat tulisan @GAS_ITB. Tentu dengan mudahnya kita akan berpikir bahwa semua ini dibuat oleh satu admin, yaitu admin @GAS_ITB itu sendiri. Sehingga akhirnya saya nge-tweet dan mendapat balasan dari mereka.

Conversation on Twitter.

Conversation on Twitter.

Alih-alih untuk membuat saya percaya bahwa mereka tidak satu admin, mereka pun membalas tweet saya dengan dua akun, yaitu akun @GAS_UI dan @GAS_UGM. Tapi karena keteledoran admin, terjadihal hal yang fail berikut ini:

@GAS_UI: Terima kasih, @GAS_ITB: Terima kasih juga.

@GAS_UI: Terima kasih, @GAS_ITB: Terima kasih juga.

Tentu hal tersebut membuat semuanya menjadi jelas. Yang dapat kita tanggapi di sini adalah cara orang tersebut yang mengadakan pergerakan-pergerakan yang bisa dibilang itu sangat tidak menunjukan seorang yang berintelektual. Apalagi dengan bahasa kasar yang mereka sampaikan di tweet mereka. Pada gambar di atas, terdapat kata yang saya sensor, karena sangat tidak pantas untuk diperlihatkan di blog ini. Jika Anda ingin melihatnya, silahkan kunjungi akun twitter saya, tweet-nya saya favoritkan. NB: Foto yang menjadi ava itu bukan saya, tapi pacar saya (hehe).

“Jika Anda ingin melihatnya, silahkan kunjungi akun twitter saya, tweet-nya saya favoritkan.”

Itu adalah salah satu cara mahasiswa untuk meneriakan suara mereka, melakukan apa yang mereka anggap benar, walau tak selamanya memang itu adalah hal yang benar. Apalagi kita tahu bahwa perguruan tinggi yang dimaksud sudah mempunyai nama sebagai perguruan tinggi yang berintelektual, dan sudah terpandang di mata masyarakat.

Tulisan ini tidak bermaksud untuk mengkritisi satu institusi. Tapi untuk memberikan contoh salah satu dari tindakan-tindakan mahasiswa yang selintas kita pikir ini adalah hal yang menyimpang, melenceng, tidak berlandaskan apa-apa, atau hanya karena ada rasa iri dengki terhadap suatu kelompok tertentu.

Apakah Anda juga seperti itu, yang berjas almamater?

 

 

Tinggalkan Balasan

